%A 1013021074 desy pratiwi herdyen %T EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2013/2014) %X ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran TSTS ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 siswa sebanyak 192 siswa dan terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII G yang diambil secara acak. Desain penelitian ini adalah one group posttest only design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pemahaman konsep matematis sebanyak lima soal. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang memahami konsep matematis yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe TSTS lebih dari 70% yaitu 95,6%. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe TSTS efektif ditinjau dari pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014. Kata Kunci : pemahaman konsep matematis, TSTS. %C Universitas Lampung %D 2014 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints5448