TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints5452 UR - http://digilib.unila.ac.id/5452/ A1 - ANDRIES HIDAYAD, 0613024015 Y1 - 2013/12// N2 - ABSTRAK Kemampuan mahasiswa dalam melakukan penilaian terhadap siswa masih kurang objektif. Kurang objektifnya mahasiswa dalam melakukan evaluasi terhadap siswa disebabkan mahasiswa kurang mengetahui isi dari standar penilaian yang harus dipenuhi, selain itu juga alat evaluasi yang digunakan mahasiswa tidak sesuai dengan karakteristik dan kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Untuk mengatasi hal tersebut maka diadakan penelitian tentang kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan perangkat penilaian biologi SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan mahasiswa biologi FKIP Unila dalam mengembangkan perangkat penilaian. Sampling pada penelitian ini menggunakan metode Sampling Jenuh, sehingga sampel yang diperoleh adalah seluruh mahasiswa biologi FKIP Unila yang melaksanakan PPL pada jenjang SMA tahun 2010-2011 dan 2011-2012. Data penelitian adalah data kualitatif, berupa kemampuan mahasiswa dalam melakukan penilaian yang diperoleh dari wawancara dan studi dokumen. iii Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa biologi FKIP Unila dalam merencanakan penilaian berkategori rendah. Rendahnya kemampuan mahasiswa di dalam merencanakan penilaian di sebabkan beberapa faktor yaitu : mahasiswa belum dapat menyesuaikan jenis penilaian dengan kompetensi yang diukur, mahasiswa belum dapat menyesuaikan bentuk penilaian dengan kompetensi yang diukur, mahasiswa belum dapat menyesuaikan butir soal yang dikembangkan dengan kaidah pengembangan butir soal, dan butir soal yang dikembangkan belum mengukur semua kompetensi dan materi. Kata Kunci : Kemampuan mahasiswa, Perangkat penilaian, Biologi PB - FAKULTAS KIP TI - KAJIAN KEMAMPUAN MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNILA DALAM MENGEMBANGKAN PERANGKAT PENILAIAN BIOLOGI SMA AV - restricted ER -