TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5454 UR - http://digilib.unila.ac.id/5454/ A1 - Anniya Mutiara Tsani, 1013021026 Y1 - 2014/08/25/ N2 - ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam menyelesaikan persoalan garis singgung lingkaran yang berkaitan dengan pemahaman konsep dan faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII E yang mempunyai rata-rata nilai kelas mendekati rata-rata nilai sekolah , teknik pengum-pulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan dua jenis kesalahan, (1) kesalahan konseptual pada kategori tinggi dengan persentase sebagai berikut: (a) menyatakan ulang suatu konsep 100% (b) mengklasifikasi objek menurut sifat tertentu sesuai dengan konsepnya 100% dan (d) menyatakan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis 63,33% (2) kesalahan prosedural pada kategori tinggi dengan persentase sebagai berikut: (a) mengaplikasikan konsep 90% (b) menggunakan, memanfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu 100%. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa berasal dari faktor intern, yaitu motivasi belajar siswa dengan kualifikasi cukup sebesar 56% dan faktor ekstern, yaitu penggunaan metode dan cara mengajar guru dengan kualifikasi tinggi sebesar 77,78%. Kata kunci : garis singgung lingkaran, kesalahan, pemahaman konsep PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - IDENTIFIKASI KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP GARIS SINGGUNG LINGKARAN PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 23 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -