TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints54543 UR - http://digilib.unila.ac.id/54543/ A1 - Harry Walfi, 1311021039 Y1 - 2019/// N2 - The demand for high transportation services from the public makes companies such as Go-jek absorb labor, and this company will expect its workforce to be more productive in their work activities so that they can offset the demand. The purpose of this study was to see the effect of age, gender, work experience, working hours, education, family burden and incentives on labor productivity as measured by studies on motorbike drivers in Bandar Lampung City. This research is a type of quantitative research with descriptive methods in its explanation and survey methods in data collection. The sample used in this study was purposive sampling to 80 respondents based on Roscoe's formula. The analytical tool used in this study is multiple linear regression analysis, classical assumption test, and statistical test or hypothesis. The results of this study indicate that the independent variables namely gender (JKEL), work experience (EXPR), working hours (HOURS), education (EDUC), family burden (BT) and incentives (INSTF) have a statistically significant and positive coefficient of variables bound namely labor productivity (PRODV). Meanwhile, the age independent variable (AGE) has a statistically insignificant influence but has a positive coefficient on labor productivity in Go-jek drivers in Bandar Lampung City. Keywords: Age, Education, Family Burden, Gender, Incentives, Labor Productivity, Work Experience, Working Hours. Permintaan akan jasa transportasi yang tinggi dari masyarakat membuat perusahaan seperti Go-jek dapat menyerap tenaga kerja, dan perusahaan ini akan mengharapkan tenaga kerjanya untuk semakin produktif dalam kegiatan kerjanya sehingga dapat mengimbangi permintaan tersebut. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk melihat pengaruh dari usia, jenis kelamin, pengalaman kerja, jam kerja, pendidikan, beban tanggungan dan insentif terhadap produktivitas tenaga kerja yang diukur dengan studi pada pengemudi Go-jek motor di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dalam penjelasannya serta metode survei dalam pengambilan datanya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling kepada 80 responden berdasarkan rumus Roscoe. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji statistik atau hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel bebas yaitu jenis kelamin (JKEL), pengalaman kerja (EXPR), jam kerja (HOURS), pendidikan (EDUC), beban tanggungan (BT) dan insentif (INSTF) berpengaruh signifikan secara statistik dan berkoefisien positif terhadap variabel terikat yaitu produktivitas tenaga kerja (PRODV). Sedangkan, variabel bebas usia (AGE) memiliki pengaruh tidak signifikan secara statistik tetapi berkoefisien positif terhadap produktivitas tenaga kerja pada pengemudi Go-jek di Kota Bandar Lampung. Kata kunci: Beban Tanggungan, Insentif, Jam Kerja, Jenis Kelamin, Pendidikan, Pengalaman Kerja, Produktivitas Tenaga Kerja, Usia. PB - FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TI - FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA OJEK ONLINE DI KOTA BANDAR LAMPUNG (Studi Kasus Go-jek Kota Bandar Lampung AV - restricted ER -