%0 Generic %A RIA MUSTIKA, 0853024039 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:5455 %I FAKULTAS KIP %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK PENGELOLAAN LINGKUNGAN %U http://digilib.unila.ac.id/5455/ %X ABSTRAK Rendahnya hasil belajar siswa terjadi di MTs Negeri 2 Bandarlampung khususnya pada materi pokok pengelolaan lingkungan. Sebagian nilai siswa belum mencapai KKM, hanya 40 % siswa yang telah mencapainya. Berdasarkan kondisi di atas, maka perlu diadakannya kegiatan pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok pengelolaan lingkungan. Salah satu alternatif pada proses pembelajaran yang diharapkan dapat efektif digunakan yaitu dengan penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model PBL dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan model PBL pada materi pokok pengelolaan lingkungan. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental yang menggunakan desain pretes postes kelompok non-equivalent. Sampel penelitian Ria Mustika adalah siswa kelas VIID (kelas eksperimen) dan VIIE (kelas kontrol) yang dipilih dari populasi kelas VII secara cluster random sampling. Data kuantitatif berupa hasil belajar yaitu nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U melalui program SPSS 17. Sedangkan, data kualitatif berupa angket tanggapan siswa yang dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan kelas eksperimen memiliki rata-rata Ngain lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (berbeda signifikan). N-gain kelas eksperimen yaitu 48,6 dengan kriteria “sedang”, sementara N-gain kelas kontrol yaitu 27,9 dengan kriteria rendah. Sedangkan, melalui angket didapatkan sebagian besar siswa merasa senang terhadap penggunaan model pembelajaran PBL pada materi pengelolaan lingkungan. Dengan demikian penggunaan model PBL berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Kata kunci : Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Berpikir Kritis (KBK), Pengelolaan Lingkungan