TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints5462 UR - http://digilib.unila.ac.id/5462/ A1 - Susanti Agusta , 1013024018 Y1 - 2014/08/19/ N2 - ABSTRAK Proses pembelajaran dikelas tidak terlepas dari aktivitas siswa dikelas, termasuk aktivitas kerjasama dalam kegiatan berkelompok. Aktivitas kerjasama siswa diperlukan agar siswa memperoleh pengalaman lebih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick terhadap aktivitas kerjasama siswa pada materi pokok pencemaran lingkungan dan limbah. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain One ? Shot Case Study. Data penelitian berupa data kualitatif yaitu data aktivitas kerjasama siswa yang diperoleh dengan menggunakan rubrik aktivitas kerjasama siswa dan dianalisis secara deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dengan jumlah 30 orang. Susanti Agusta Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas kerjasama siswa dalam semua aspek yang diamati pada pertemuan kedua lebih tinggi daripada pertemuan pertama. Pada pertemuan pertama rata-rata persentase aktivitas kerjasama siswa sebesar 52,71% dan meningkat pada pertemuan kedua menjadi 67,92%. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran talking stick dapat meningkatkan aktivitas kerjasama siswa. Kata kunci: talking stick, aktivitas kerjasama siswa, pencemaran lingkungan dan limbah. PB - Fakultas Mipa TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP AKTIVITAS KERJASAMA SISWA PADA MATERI POKOK PENCEMARAN LINGKUNGAN DAN LIMBAH AV - restricted ER -