%0 Generic %A DEWI SARTIKA, 1513069021 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:54621 %I FAKULTAS ILMU KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %T PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV SD NEGERI %U http://digilib.unila.ac.id/54621/ %X Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SDN Margakaya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tematik pada siswa kelas IV SD menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Metode yang dipakai adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keaktifan siswa siklus I mencapai 70% siswa aktif dan persentase keaktifan siswa siklus II mencapai 90% siswa aktif. Terdapat peningkatan keaktifan siswa sebesar 20%. Hasil belajar siswa siklus I persentase ketuntasan siswa mencapai 75% dan persentase ketuntasan siswa siklus II mencapai 90%, terdapat peningkatan ketuntasan siswa sebesar 15% dalam setiap siklusnya. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, two stay two stray