creators_name: Rohmadhani Tanjung, 1211011138 creators_id: - type: other datestamp: 2022-03-15 07:17:56 lastmod: 2022-03-15 07:17:56 metadata_visibility: show title: ANALISIS STRATEGI BISNIS LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN GOGOCOURSE DI BANDAR LAMPUNG ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: Strategic Management is one of the most important tasks that managers in organizations are to accomplish. This situation applies to GoGoCourse which is engaged in the service of training and course of TOEFL and IELTS. The purpose of this research is to find out strategies that can be used by GoGoCourse to develop their business. This research use SWOT and QSPM analysis. The stages carried out are by assessing the factors of strength, weakness, opportunities, and threats. The weight and importance of each factor was defined by the company managers and they were interviewed and questionnaire. The total score are 3,006 and 2,975 based on IFE and EFE matrix. The result of IE matrix show that GoGoCourse are in grow and develop position (quadrant IV) with the main strategy is an intensive strategy. SWOT matrix analysis show 9 strategies were generated with QSPM are innovate on facilities and products, expand marketing through social media by intensifying promotions, maintain good relation with stakeholders, guarantee product quality, using media and promotion materials that attract consumer interest, improve the quality of service to consumer, applying competitive price, evaluating GoGoCourse performance to face the competition, forming a creative team for the promotion section. Keywords : LKP GoGoCourse, Internal Factors, External Factors, IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, SWOTMatrix, QSPM. Manajemen strategi merupakan salah satu tugas penting yang harus diselesaikan oleh seorang manajer di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Hal ini tentunya juga berlaku untuk Lembaga Kursus dan Pelatihan GoGoCourse yang bergerak di bidang penyedia pelayanan jasa kursus dan pelatihan TOEFL dan IELTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dapat digunakan oleh LKP GoGoCourse untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Tahapan yang dilakukan adalah dengan melakukan penilaian faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Penentuan bobot dan peringkat untuk setiap faktor diberikan oleh pihak manajemen melalui proses wawancara dan pemberian kuesioner. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan total skor sebesar 3,006 dan 2.974. Hasil matriks IE yaitu LKP GoGoCourse terdapat pada posisi tumbuh dan berkembang (kuadran IV) dengan strategi utama yaitu strategi intensif. Berdasarkan analisis matriks SWOT maka dihasilkan 9 strategi dengan perioritas strategi berdasarkan hasil QSPM yaitu berinovasi pada fasilitas dan produk yang ditawarkan, memperluas pemasaran melalui media sosial dengan mengintensifkan promosi pada pasar konsumen yang dituju, menjaga hubungan baik dengan pihak luar untuk meningkatkan loyalitas, memberikan jaminan kualitas terhadap produk yang ditawarkan, menggunakan media dan bahan promosi yang menarik minat konsumen, meningkatkan kualitas pelayanan kepada konsumen dengan semaksimal mungkin, menerapkan harga bersaing pada produk yang ditawarkan, evaluasi kinerja LKP GoGoCourse dalam menghadapi persaingan, membentuk tim kreatif untuk bagian promosi LKP GoGoCourse. Kata Kunci : LKP GoGoCourse, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM. date: 2019 date_type: published publisher: FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Rohmadhani Tanjung, 1211011138 (2019) ANALISIS STRATEGI BISNIS LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN GOGOCOURSE DI BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/54682/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/54682/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/54682/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf