@mastersthesis{eprints5470, month = {Oktober}, title = {PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PRESTASI BELAJAR ASAM BASA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DI SMA NEGERI 1 KALIREJO}, school = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, author = {1123011054 SRI ARYANI WULANDARI}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5470/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) desain rencana pelaksanaan pembelajaran; (2) proses pembelajaran; (3) sistem evaluasi yang tepat; (4) peningkatkan keterampilan proses sains siswa; (5) peningkatan prestasi belajar materi Asam Basa dengan model pembelajaran kooperatif STAD. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Siklus I menerapkan pembelajaran kooperatif STAD melalui praktikum di Laboratorium. Siklus II menerapkan pembelajaran kooperatif STAD dan media flash. Siklus III menerapkan pembelajaran kooperatif STAD dan aplikasi di lingkungan sekitar. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) desain RPP disusun berdasarkan sintak: membentuk kelompok, menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, membimbing kelompok bekerja dan belajar, evaluasi, memberi kuis, dan memberikan penghargaan; (2) aktivitas siswa mencapai indikator keberhasilan pada siklus III dan aktivitas guru mencapai indikator keberhasilan pada silus II (3) Sistem evaluasi dengan tes uraian dengan nilai validitas 0,637 (tinggi), reliabilitas 0,77 (tinggi), tingkat kesukaran (sedang), dan daya pembeda (baik); (4) Keterampilan proses sains siswa meningkat, 63,06\% pada siklus I, 72,91 pada siklus II dan 80,54\% pada siklus III (5) prestasi belajar siswa meningkat, 62,20\% pada siklus I, 73,7\% pada siklus II dan 81,93\% pada siklus III. Kata kunci: keterampilan proses sains, kooperatif STAD, prestasi belajar This research aimsto describe(1) lesson plandesign; (2) learningprocess; (3) evaluationsystems well; (4) increasing of student?s scientific process skills; (5) increasing of acid baseachievementthroughSTAD type cooperative inlearning model. Method of reasearch used Classroom Action Research which is implemented into thrree cycles. Subject of reasearch arestudents of classXI science 2 andXI science 3. First cycle by implementation cooperative learning STAD type with experiment in Laboratory. Second cycle implementation cooperative learning STAD type using flash media. Third cycle using implementation cooperative learning STAD type with application in environment. Conclusionof research are (1) lesson plan designwasarranged onsyntax: making group, deliveringof purpose andmotivating students, givinginformation, guiding study and groupwork, evaluating, givingquiz, and giving reward; (2) studentactivityachievementindicatorsat cycle III and teacher activity achieved at cycle II; (3)evaluation systemwas essay test byvalidity0.630(high), reliability of0.71(high),level difficulty (medium), and powes discrimination (good); (4) student?s scientific process skills increase, 63,06\% at cycle I , 72,91\% at cycle II and 80,54 at cycle III; (5) student?s achievement increase 62,20\% at cycle I, 73.7\% at cycle II and 81,93 at cycle III. Keywords:scienctific process skills ,STADcooperative, achievement} }