%A 1411011077 MIRNA PURNAMA SARI %T ANALYSIS OF BUSINESS STRATEGY MISTER GEPREK RESTAURANT IN RAJABASA BANDARLAMPUNG %X Bisnis kuliner saat ini telah menjadi bisnis yang populer di masyarakat. Salah satu bisnis kuliner yang sedang berkembang pesat yaitu bisnis Rumah Makan Mister Geprek. Rumah Makan Mister Geprek menghadapi persaingan yang cukup ketat baik dari pesaing sajian sejenis maupun dari kuliner lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis apakah yang tepat bagi mister geprek dalam menghadapi persainganya. Metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini dengan alat analisis strategi bisnis seperti IFE dan EFE, matriks IE, SWOT, matriks BCG serta pemilihan alternatif strategi perioritas dengan menggunakan metode QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rumah Makan Mister Geprek berada pada posisi mempertahankan dan memelihara pada matriks IE, dan posisi tanda tanya pada matriks BCG. Hasil analisis SWOT dihasilkan sembilan strategi yang kemudian diperioritaskan dengan metode QSPM dan dihasilkan dua alternatif strategi utama yaitu menjaga kualitas mutu produk dan melakukan inovasi produk. Saran untuk Rumah Makan Mister Geprek sebaiknya terus menjaga kualitas mutu produk, melakukan inovasi produk, menambah kerja sama dengan berbagai pihak, memperluas pangsa pasar dengan promosi yang efektif, menggunakan teknologi terkini, meningkatkan kemampuan manajemen, meningkatkan keefektifan promosi, melakukan inovasi pemasaran, dan melakukan evaluasi pemasaran. Kata kunci: Rumah Makan Mister Geprek, IFE, EFE, IE , SWOT, BCG, QSPM Today's culinary business has become a popular business in the community. One of the fast-growing culinary businesses is the Mister Geprek Restaurant business. Mister Geprek Restaurant faces intense competition from both competitors and other culinary offerings. This study aims to find out what business strategies are right for mister geprek in facing their competition. Descriptive qualitative research methods were used in this study with business strategy analysis tools such as IFE and EFE, IE matrix, SWOT, BCG matrix and selection of alternative priority strategies using the QSPM method. The results showed that the Geprek Mister Restaurant was in a position to hold and maintain the IE matrix, and the position of the question mark on the BCG matrix. The results of the SWOT analysis produced nine strategies which were then prioritized by the QSPM method and produced two main alternative strategies namely maintaining product quality and product innovation. Suggestions for Mister Restaurant Geprek should continue to maintain the quality of product quality, make product innovations, increase cooperation with various parties, expand market share with effective promotion, use the latest technology, improve management capabilities, increase promotion effectiveness, make marketing innovations, and do marketing evaluation. Keywords: Mister Geprek Restaurant, IFE EFE, IE, SWOT, BCG, QSPM %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %L eprints54795