creators_name: Faridhatul Khasanah, 1013053053 creators_id: faridha.khaz@gmail.com type: other datestamp: 2014-11-28 02:06:39 lastmod: 2014-11-28 02:06:39 metadata_visibility: show title: PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVSD NEGERI 4 METRO TIMUR ispublished: pub subjects: General subjects: KU full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah kurang bervariasinya penggunaan strategi pembelajaran pada pembelajaran di kelas sehingga mengakibatkan siswa merasa jenuh dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 4 Metro Timur dengan sampel kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Analisis data menggunakan uji statistic dengan bantuan program SPSS seri 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe teka-teki silang pada siswa kelas eksperimen yang dibuktikan sebagai berikut: (1) tidak terdapat perbedaan signifikan rerata pretest antara siswa kelas eksperimen dan kontrol, (2) terdapat pengaruh rerata Posttest antara siswa kelas eksperimen dan kontrol, (3) terdapat pengaruh n-Gain hasil belajar kognitif siswa antara siswa kelas eksperimen dan kontrol, (4) terdapat pengaruh rerata hasil belajar afektif antara siswa kelas eksperimen dan kontrol, (5) terdapat perbedaan n-GainĀ¬hasil belajar afektif antara siswa kelas eksperimen dan kontrol, (6) terdapat perbedaan signifikan reratahasil belajar psikomotor antara siswa kelas eksperimen dan kontrol, dan (7) terdapat perbedaan n-Gain hasil belajar psikomotor antara siswa kelas eksperimen dan kontrol. date: 2014-11-27 date_type: published publisher: FKIP place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: FKIP thesis_type: other citation: Faridhatul Khasanah, 1013053053 (2014) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEKA-TEKI SILANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVSD NEGERI 4 METRO TIMUR. FKIP, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/2/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/3/COVER%20LUAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/5/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/7/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/8/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/9/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/10/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/11/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/12/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/14/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/15/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/16/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/17/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/18/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/19/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5490/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf