@misc{eprints5491, month = {Nopember}, title = {PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVC SD NEGERI 4 METRO TIMUR}, author = {1013053030 Melda Sari}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FKIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5491/}, abstract = { Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IVC SDN 4 Metro Timur yang diketahui dari hasil observasidanwawancara. Persentasesiswa yang mendapatnilai ?66 dengankategori ?baik? dan ?sangatbaik? hanyamencapai28,75\%dari28siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa menggunakanpembelajaran aktif tipe semua bisa jadi guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan soal- soaltes. Data yang didapat dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran aktif tipe semua bisa jadi guru dapat meningkatkan hasil belajarsiswa, baik pada ranah sikap, keterampilan maupun pengetahuan. Hal ini dapat dilihat dari siswa yang mendapatkan nilai sikap belajar pada siklus I memperoleh memperoleh Cukup, meningkat pada siklus II memperoleh Baik, kemudian meningkat kembali pada siklus III memperoleh kategori Sanggat Baik. Siswa dengan nilai keterampilan belajar pada siklus I memperoleh dengan kategori Cukup Terampil, meningkat pada siklus II memperoleh kategori Terampil, kemudian meningkat kembali pada siklus III memperoleh kategori Sanggat Terampil, dan nilai hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh kategori cukup, meningkat pada siklus II dengan kategori baik,kemudian meningkat kembali pada siklus III dengan kategori baik. Kata Kunci: Pembelajaran Aktif Tipe Semua Bisa Jadi Guru, Hasil Belajar. } }