TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints54938 UR - http://digilib.unila.ac.id/54938/ A1 - Eli Suryani, 1541011003 Y1 - 2019/// N2 - Alfian Wedding Organizer merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa penyewaan tenda dan peralatan pesta. Alfian Wedding Organizer berada di Desa Bumi Restu, Kecamatan Abung Surakarta, Lampung Utara. Saat ini persaingan bisnis dibidang Jasa penyewaan tenda dan peralatan pesta sangat ketat, hal ini ditandai dengan seiring bertambahnya jumlah perusahaan yang menggeluti jenis usaha ini, tingginya persaingnya membuat menurunnya pendapatan Alfian Wedding Organizer dan menjadi suatu ancaman dalam menjalankan bisnisnya, untuk itu perusahaan harus memiliki strattegi yang tepat agar dapat bersaing dan mempertahankan bisnisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis yang tepat untuk dijalankan oleh Alfian Wedding Organizer dan merekomendasikan prioritas strategi yang dianalisis dengan metode analisis deskriptif, tahapan formulasinya yaitu matriks IFE dan EFE, matriks IE, matriks SWOT dan pemilihan prioritas strategi alternatif dengan menggunakan analisis QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal perusahaan terdapat 7 kekuatan dan 6 kelemahan, pada faktor eksternal terdapat 4 peluang dan 5 ancaman. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan skor total 2,9 dan 3,0 yang kemudian hasil matriks IFE dan EFE dilakukan pemetaan dalam matriks IE, Alfian Wedding Organizer berada pada posisi Growth and Build (tumbuh dan berkembang). Hasil analisis SWOT dihasilkan delapan strategi yang kemudian diprioritaskan dengan menggunakan analisis QSPM dan dihasilkan tiga strategi alternatif utama yaitu melakukan perluasan pangsa pasar, memelihara kualitas mutu produk dan melakukan inovasi produk dan jasa. Kata kunci: Alfian Wedding Organizer, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM. Alfian Wedding Organizer is a company engaged in tent rental and party equipment. Alfian Wedding Organizer is located in Bumi Restu , Abung Surakarta, North Lampung. Currently the business competition in the field of tent rental services and party equipment are very strict, there are characterized by increasing number of companies wrestling with this type of business, the high competition makes decreasing income Alfian Wedding Organizer and a threat in running its business, for that the company must have rightstrategies to be able to compete and maintain their business. This study aims to find out the right business strategy to be run by Alfian Wedding Organizer and recommend priority strategies that are analyzed by descriptive analysis method, the formulation stages, namely IFE and EFE matrix, IE matrix, SWOT matrix and selection of alternative strategic alternatives using QSPM analysis. The results of this study indicate that the company's internal factors have 7 strengths and 6 weaknesses, in external factors there are 4 opportunities and 5 threats. Based on the IFE and EFE matrix, it produces a total score of 2.9 and 3.0 which is then mapped in the IE matrix and EFE matrix results, Alfian Wedding Organizer is in the Growth and Build position (growing and developing). The results of the SWOT analysis produced eight strategies which were then prioritized using QSPM analysis and resulted in three main alternative strategies, namely expanding market share, maintaining product quality and product and service innovation. Keywords: Alfian Wedding Organizer, Internal Factors, External Factors, IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, QSPM. PB - FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS TI - ANALISIS STRATEGI BISNIS JASA PENYEWAAN TENDA DAN PERALATAN PESTA PADA ALFIAN WEDDING ORGANIZER AV - restricted ER -