%0 Generic %A Dzaky Dwi Irfandanu, 1211011050 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:54940 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T ANALISIS STRATEGI BERSAING MENGGUNAKAN PORTER’S FIVE FORCES MODEL, PESTEL, DAN SWOT PADA TOKO OLEH-OLEH ANEKA SARI RASA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/54940/ %X Science and technology which is increasingly advanced and developing rapidly, becoming one aspect that affect to the intense competition between businessmen. Thecompetitive competition makes a company have to developing and become more innovative, so it is not only be able to survive in the market, but also win the competition. It is apply to Aneka Sari Rasa shop as a businessman in the part of Lampung special food. The goal of this research is to know the strategy that can be used by Aneka Sari Rasa shop to developing his business. Porter’s Five Forces Model consists of competition between the companies, the threat of newcomer, the pressure of replacement product, and the power of bargaining from the customer and the supplier. PESTEL consists of politics, environment, social, technology, and law. This research is also using SWOT analysis. The steps taken are to assess the factor of strength, weakness, opportunity, and the threat. The IFE and EFE matrices generate a total score of 3,163 and 2,432. The IE matrix gotten by Aneka Sari Rasa shop is the position of growing and developing (quadrant IV) with the main strategy which is intensive strategy (market penetration and development, and product development). Keywords: Porter’s Five Forces Model, PESTEL, SWOT Matrix, IFE Matrix, EFE Matrix, IE Matrix, Aneka Sari Rasa. Ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju serta berkembang pesat, juga menjadi salah satu aspek yang turut memengaruhi ketatnya persaingan antar pelaku bisnis. Persaingan yang kompetitif menjadikan perusahaan harus terus berkembang dan berinovasi agar tidak hanya mampu bertahan dalam pasar, namun juga mampu memenangkan persaingan tersebut. Hal ini juga berlaku untuk Toko Aneka Sari Rasa sebagai pelaku bisnis yang bergerak di bidang makanan oleh-oleh Khas Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dapat digunakan oleh Aneka Sari Rasa untuk mengembangkan usahanya. Model Porter Five Forces terdiri dari persaingan di antara perusahaan yang ada, ancaman pendatang baru, tekanan dari produk pengganti, kekuatan tawar-menawar pembeli dan kekuatan tawar-menawar pemasok. PESTEL terdiri dari politik, lingkungan, sosial, teknologi, dan hukum. Penelitian ini juga menggunakan analisis SWOT. Tahapan yang dilakukan adalah dengan melakukan penilaian faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Matriks IFE dan EFE menghasilkan total skor sebesar 3,163 dan 2.432. Matriks IE yag diperoleh Toko Aneka Sari Rasa yaitu posisi tumbuh dan berkembang (kuadran IV) dengan strategi utama yaitu strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk). Kata Kunci: Model Porter’s Five Forces, PESTEL, Matriks SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Aneka Sari Rasa.