@misc{eprints5498, month = {Nopember}, title = {Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kuartet terhadap Aktivitas dan Penguasaan Materi pada Materi Pokok Dunia Tumbuhan Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014}, author = {1013024020 CINCIN BERTASARI}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan }, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5498/}, abstract = {Hasil observasi di SMA N 1 Blambangan Umpu menunjukkan bahwa nilai pembelajaran biologi kurang memuaskan yaitu dengan rata-rata nilai 65, dibanding- kan dengan nilai yang diharapkan yaitu 75. Hal ini karenakan banyak-nya materi yang harus dikuasai seperti istilah-istilah dalam materi pembelajaran biologi, dan kurangnya media pembelajaran di sekolah. Hal-hal tersebut mengakibatkan aktivitas belajar siswa menjadi pasif. Karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas siswa untuk menjadi aktif salah satunya dengan menggunakan media kartu kuartet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media kartu kuartet sebagai media belajar untuk meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi. Desain penelitian adalah pretest-postest non equivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X7 dan X8 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kualitatif yaitu persentase aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi, dan tanggapan siswa terhadap kartu kuartet sebagai media belajar yang diperoleh dari angket kemenarikan penggunaan kartu kuartet sebagai media belajar yang dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi siswa yang diperoleh dari hasil rata-rata pretes, postes dan gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji U dan uji-t untuk data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kartu kuartet sebagai media belajar dapat meningkatkan aktivitas belajar dengan rata-rata berkriteria baik (85,48\%). hal ini juga terlihat pada peningkatan semua aspek yang diamati yaitu mengemukakan ide atau gagasan berkriteria baik (78,49\%); bekerjasama dengan teman berkriteria baik (82.80\%); mengajukan pertanyaan dan pendapat berkriteria baik (81,72\%); dan mengemukakan hasil diskusi kelompok berkriteria sangat baik (98,92\%). Penguasaan materi pada kelas eksperimen (gain 1,00) lebih tinggi dan berbeda nyata daripada kelas kontrol (gain 0,82). Namun penggunaan media kartu kuartet berpengaruh tidak signifikan terhadap indikator C2 (Pemahaman) dan C4 (Analisis). Dengan demikian kartu kuartet sebagai media belajar mampu meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa pada materi pokok Dunia Tumbuhan. } }