%A Erlis Wijayanti Sudarto %T EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 29 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran Think Talk Write ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 29 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel diambil dengan teknik Purposive Random Sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan strategi pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan pembelajaran konvensional. Namun, ketuntasan belajar siswa dengan strategi pembelajaran Think Talk Write belum memenuhi target yang ingin dicapai. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Think Talk Write tidak efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci : efektivitas, Think Talk Write, kemampuan komunikasi matematis %C Universitas Lampung %D 2013 %I Fakultas MIPA %L eprints55