%0 Generic %A Ismadiah Wulandari, 1416031066 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:55106 %I Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik %T Hierarki Pengaruh dalam Media Siber Lokal di Lampung pada Pemberitaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung Tahun 2018 %U http://digilib.unila.ac.id/55106/ %X Tahun 2018 merupakan tahun politik bagi masyarakat yang berada di berbagai daerah di Indonesia. Peristiwa ini biasa disebut dengan pilkada, yang bertujuan untuk memilih para calon wakil rakyat di tingkat daerah. Provinsi Lampung juga mengikuti pilkada serentak tahun ini dengan tujuan untuk memilih kepala daerah yaitu Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung. Segala pemberitaan mengenai pilkada yang berlangsung di Lampung tidak luput dari sorotan berbagai massa massa, khususnya media lokal di Lampung, yaitu Lampungpro.com, Peltaekspres.com, Jejamo.com, Lampung1.com dan Duajurai.co yang memberitakan segala sesuatu mengenai Pilkada Lampung 2018. Berdasarkan latar belakang diatas, tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana hierarki pengaruh dalam media siber lokal di Lampung pada pemberitaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung tahun 2018. Teori yang digunakan untuk menganalisis masalah diatas, adalah Theories of Influences on Media Content yang dikenalkan oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang telah diperoleh dari hasil wawancara dengan jurnalis, pemimpin redaksi/umum media online lokal Lampung, anggota KPU dan Bawaslu Lampung, pengamat media dan pengamat politik di Lampung. Berdasarkan temuan peneliti, pemberitaan mengenai pemberitaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Lampung tahun 2018 di media siber lokal Lampung. tidak lepas dari kelima faktor hierarki pengaruh tersebut, baik dari internal maupun eksternal media. Faktor individu dipengaruhi oleh nilai-nilai hak asasi manusia yang dianut oleh reporter. Faktor level kerutinan media yang digambarkan oleh rapat redaksi yang terjadi pada proses penyusunan pemberitaan. Faktor organisasi berpengaruh secara tidak langsung berupa saran dan usulan dari dewan direksi. Faktor ekstramedia yang dipengaruhi oleh dewan pers, sumber berita,iklan, pangsa pasar, dan teknologi. Faktor ideologi di media siber lokal di Lampung yaitu mengedepankan fakta yang ada di lapangan. Faktor yang paling berpengaruh dominan adalah faktor rutinitas media dan ideologi media. Kata Kunci : Hierarki Pengaruh Pilkada Lampung 2018, Media Siber Lokal 2018 is politics year for indonesian in various regions. It is ussually called by Regional Head election (pilkada). Lampung Province also participated in simultaneous regional elections in this year with the aim of electing the regional head namely Governor and Deputy Governor of Lampung Province. All news about the elections that took place in Lampung did not escape from the spotlight of various masses, especially local media in Lampung. Lampungpro.com, Peltaekspres.com, Jejamo.com, Lampung1.com and Duajurai.co that reported everything about Lampung 2018 regional elections. Based on the background above, the research purposes is to find out how the effect hierarchy of local cyber media in Lampung on Regional Head election News of Governor and Deputy Governor in Lampung Province 2018. The theory used was theories of influences on media content introduced by Pamela J. Shoemaker and Stephen D. Reese. This research was qualitative research design with descriptive methods. Data obtained from interview with journalists, editor in chief / general of local Lampung online media, member of KPU Lampung and election supervisory agency (bawaslu), media observers and political observers in Lampung. The researcher found that reporting the news of Governor and Deputy Governor Election of Lampung Province in Lampung's local cyber media could not be separated from the five factors of effect hierarchy, both from internal and external media. Individual factor was influenced by human rights values which adopted by reporters. The level factor of media hygiene described by the editorial meeting that occured in the process of preparing news. Influential organizational factors indirectly in the form of suggestions and proposals from the board of directors. Extramedia factors were influenced by the press council, news sources, advertising, market share, and technology. The ideological factor in local cyber media in Lampung is prioritizing the facts. The most dominant factors were the media routines and media ideology. Keywords: The effect Hierarchy of Regional head election in Lampung Province 2018, local cyber media