@misc{eprints55121, title = {PERWUJUDAN PELAYANAN PRIMA DALAM PROSES PEMBUATAN E-KTP BERBASIS GOOD GOVERNANCE (Studi Di Kecamatan Tanjung Seneng Kota Bandar Lampung)}, author = {1116041060 MOHAMMAD ROSYID}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK}, year = {2019}, url = {http://digilib.unila.ac.id/55121/}, abstract = {This researchbackground is by the poor public services carried out by the government, one of which is the implementation of E-KTP. the problems that arise in making E-KTP are still a lack of facilities and infrastructure owned by the government to support the implementation of policies. The purpose of this research is to analyze the effort to realize the excellent service carried out by the Tanjung Senang District in the process of making E-KTP based on the principles of Good Governance. This type of research is descriptive research with a qualitative approach. This research was conducted using the collection method through interviews, documentation and observation. The data analysis technique used in this study is data reduction, data presentation and conclusion drawing. The results of the study were measured using nine principles of good governance based on UNDP (United National Development Program), namely community participation, upholding the rule of law, transparency, caring for stakeholders, consensus-oriented, equality, effectiveness and efficiency, accountability and strategic vision. The results showed that the application of the principles of good governance in the implementation of E-KTP in Tanjung Senang Subdistrict had been implemented well even though the principle of efficiency and effectiveness had not been achieved because the manufacture of E-KTP still needed a relatively long time. Keywords: Public Service, Good Governance, Electronic ID Card. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh buruknya pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintah salah satunya dalam pelaksanaan pembuatan E-KTP. Permasalahan yang muncul dalam pembuatan E-KTP adalah masih kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh pemerintah untuk menunjang pelaksanaan kebijakan. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk untuk menganalisis usaha perwujudan pelayanan prima yang dilakukan oleh Kecamatan Tanjung Senang dalam proses pembuatan E-KTP berdasarkan prinsip-prinsip Good Governance. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diukur menggunakan sembilan prinsip good governance berdasarkan UNDP (United National Development Program) yakni partisipasi masyarakat, tegaknya supremasi hukum, transparansi, peduli pada stakeholder, berorientasi pada konsensus, kesetaraan, efektifitas dan efisiensi, akuntabilitas dan visi strategis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pelaksanaan pembuatan E-KTP di Kecamatan Tanjung Senang sudah diterapkan dengan baik meskipun prinsip efisiensi dan efektif belum tercapai karena pembuatan E-KTP masih membutuhkan waktu yang relatif lama. Kata Kunci: Pelayanan Publik, Good Governance, E-KTP. } }