TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints55156 UR - http://digilib.unila.ac.id/55156/ A1 - Respaty Rahardian, 1316041059 Y1 - 2019/// N2 - Kebijakan publik merupakan suatu fenomena yang umum dijumpai dan tidak dapat dihindari, salah satu bentuk kebijakan publik adalah ditetapkannya Kota Metro sebagai Kota Pendidikan yang tertuang dalam visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2016-2021. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan dan menganalisis; 1) Implementasi visi dan misi Kota Metro sebagai kota pendidikan dari segi struktur organisasi, sumber daya manusia, kesesuaian personel, komitmen dan kompetensi pelaksana, koordinasi antar aktor, dan kondisi lingkungan; 2) Kendala yang dihadapi dalam implementasi visi dan misi Kota Metro sebagai kota pendidikan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan studi kasus. Penelitian deskriptif kualitatif dipilih karena obyek penelitian berupa peristiwa dan perilaku beberapa orang dalam situasi tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, sedangkan analisis data digunakan model interaktif yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan; 1) Implementasi visi dan misi Kota Metro sebagai kota pendidikan cukup baik dan sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan, baik dari segi organisasi, sumber daya manusia, tujuan personel, komitmen pelaksana serta kondisi ekonomi, sosial dan politik. 2) Kendala yang dijumpai antara lain, terlalu banyak tugas pokok, belum adanya Tupoksi, masih kurangnya sarana dan prasarana pendidikan, sering bergantinya pimpinan, dan kurangnya dana untuk implementasi kebijakan visi dan misi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan. Kata kunci: Kebijakan publik, visi, misi kota pendidikan Public policy is a phenomenon that is commonly found and cannot be avoided, one form of public policy is the stipulation of Metro City as the City of Education which is contained in the vision and mission of the Regional Medium-Term Development Plan for 2016-2021. The purpose of the research is to describe and analyze; 1) Implementation of the vision and mission of Metro City as an education city in terms of organizational structure, human resources, suitability of personnel, commitment and competence of executors, coordination between actors, and environmental conditions; 2) Constraints faced in implementing the vision and mission of Metro City as a city of education. The method of this research is descriptive qualitative with a case study design. Qualitative descriptive research was chosen because the object of research was the events and behavior of several people in certain situations. Data collection is done through observation and interviews, while data analysis is used interactive models namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of the study can be concluded; 1) The implementation of Metro City's vision and mission as a city of education is quite good and in accordance with established policies, both in terms of organization, human resources, personnel goals, implementing commitment and economic, social and political conditions. 2) Constraints encountered include too many basic tasks, lack of Auth, still lack of educational facilities and infrastructure, frequent change of leaders, and lack of funds for the implementation of Metro City's vision and mission policy as City of Education. Keywords: Public policy, vision, city education mission PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK TI - IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA METRO SEBAGAI KOTA PENDIDIKAN AV - restricted ER -