?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=STUDI+PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+EKONOMI+DENGAN+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF%0D%0ATIPE+GROUP+INVESTIGATION+(GI+)+DAN+TIPE%0D%0APROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)%0D%0ADI+SMA+NEGERI+1+KALIREJO%0D%0ATAHUN+PELAJARAN%0D%0A2012%2F2013&rft.creator=ERI+PURWANTI%2C+0913031084&rft.subject=+&rft.description=Melihat+hasil+belajar+yang+belum+optimal%2C+maka+perubahan+dalam+proses+pembelajaran+yang+menciptakan+suasana+belajar+yang+aktif+dan+menyenangkan+seharusnya+mulai+diterapkan+disekolah.+Upaya+yang+dapat+dilakukan+guru+untuk+menciptakan+proses+pembelajaran+tersebut+adalah+dengan+mengubah+metode+pembelajaran+yaitu+dengan+model+pembelajaran+kooperatif.%0D%0ATujuan+Penilitian+ini+adalah+Mengetahui+perbedaan+hasil+belajar+ekonomi+antara+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+GI+dengan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+PBL.+Penelitian+ini+ter-golong+penelitian+komparatif+dengan+pendekatan+eksperimen.+Metode+eksperimen+yang+digunakan+adalah+metode+eksperimen+semu+(quasi+eksperimental+design).%0D%0APopulasi+dalam+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+X+SMA+Negeri+1+Kalirejo+tahun+pelajaran+2012%2F2013+yang+terdiri+dari+7+kelas+sebanyak+245+siswa.+Pengambilan+sampel+dilakukan+dengan+teknik+cluster+random+sampling+dan+diperoleh+sampel+berjumlah+70+siswa+dari+dua+kelas+yang+berbeda.+Pengumpulan+data+dilakukan+dengan+tes+kemampuan+awal+dan+tes+kemampuan+akhir.+Kemudian%2C+data+dianalisis+menggunakan+rumus+t-test+untuk+dua+sampel+besar+yang+satu+sama+lain+tidak+mempunyai+hubungan.%0D%0AHasil+pengujian+hipotesis+menunjukkan+%3A+(1)+ada+perbedaan+hasil+belajar+ekonomi+yang+pembelajarannya+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Group+Investigation+(GI)+dibandingkan+dengan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Problem+Based+Learning+(PBL).+(2)+rata-+rata+hasil+belajar+ekonomi+yang+pem-belajarannya+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif+tipe+Group+Investigation+(GI)+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+yang+pembelajarannya%0D%0Amenggunakan+model+pem-belajaran+kooperatif+tipe+Problem+Based+Learning+(PBL)+dengan+diperoleh+rata-rata+hasil+belajar+kelas+eksperimen+sebesar+79%2C37+sedangkan+kelas+pem-banding+hanya+75%2C17%2C+dengan+mean+difference+sebesar+4%2C200+dan.+thitung+3%2C873+%3E+ttabel1%2C667.+Dengan+demikian%2C+Ho+ditolak+dan+Ha+diterima.%0D%0AKata+kunci%3A+hasil+belajar%2C+model+pembelajaran+kooperatif%2C+GI%2C+PBL.&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2013-04-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F1%2F1.%2520cover%2520Luar.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F2%2F2.%2520ABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F3%2F3.%2520cover%2520dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F4%2F4.%2520HALAMAN%2520PERSETUJUAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F5%2F5.%2520HALAMAN%2520PENGESAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F6%2F6.%2520PERNYATAAN%2520SKRIPSI%2520MAHASISWA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F7%2F7.%2520RIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F8%2F8.%2520PERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F9%2F9.%2520Motto.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F10%2F10.%2520SANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F11%2F11.%2520%2520DAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F12%2F12.%2520DAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F13%2F13.%2520DAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F14%2F14.%2520DAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F15%2F1.%2520BAB%25201.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F17%2F2.%2520BAB%25202.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F16%2F3.%2520BAB%25203.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F18%2F4.%2520BAB%25204.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F19%2F5.%2520Bab%25205.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F20%2F6.%2520DAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.identifier=++ERI+PURWANTI%2C+0913031084++(2013)+STUDI+PERBANDINGAN+HASIL+BELAJAR+EKONOMI+DENGAN+MENGGUNAKAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+TIPE+GROUP+INVESTIGATION+(GI+)+DAN+TIPE+PROBLEM+BASED+LEARNING+(PBL)+DI+SMA+NEGERI+1+KALIREJO+TAHUN+PELAJARAN+2012%2F2013.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5517%2F