%0 Generic %A Futra Munadian Syah, 1511011066 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:55174 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH LABELISASI HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MIE IMPOR KOREA (STUDI PADA MASYARAKAT DI PROVINSI LAMPUNG) %U http://digilib.unila.ac.id/55174/ %X Pembahasan dalam penelitian ini adalah permasalahan adanya produk mie impor korea yang belum menggunakan label resmi dari badan pemberi otoritas di indonesia, yaitu MUI (Majelis Ulama Indonesia). Ada beberapa produk mie impor korea yang hanya bermodalkan Izin Resmi BPOM, maka dari itu timbullah permasalahan apakah label halal mempengaruhi keputusan pembelian terhadap produk mie impor korea di Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden dan merupakan konsumen yang pernah membeli produk mie impor korea dengan label halal Majelis Ulama Indonesia (MUI). Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana, hasil dari analisis menunjukkan bahwa variabel labelisasi halal berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun pengaruh yang di berikan hanya sebesar 24,7%, hasil tersebut diperoleh dari nilai R square. Dari hasil penelitian ini diharapkan perusahaan yang menjual produk mie impor korea lebih memperhatikan penggunaan label yang ada pada produk yang mereka jual atau edarkan di Indonesia. hal ini sangat penting karena konsumen Indonesia terutama masyarakat di Provinsi Lampung mengutamakan untuk melihat logo halal, label komposisi, dan juga label nutrisi sebelum memutuskan untuk membelinya. Kata Kunci : Labelisasi Halal dan Keputusan Pembelian. The discussion in this study is the problem of the presence of Korean products that have not used official labels from the authority giving bodies in Indonesia, namely MUI (Majelis Ulama Indonesia). There are a number of Korean imported noodle products that only capitalize on BPOM's Official Permit, therefore the problem arises whether the halal label influences the purchasing decisions on Korean imported noodle products in Lampung Province. This study uses a type of research explanatory research using quantitative. The samples used in this study were 100 respondents and were consumers who had bought Korean imported noodle products with the halal label Majelis Ulama Indonesia (MUI). Data analysis used descriptive analysis and simple linear regression analysis, the results of the analysis showed that the halal labeling variable had a significant effect on the results of the purchase. But the contribution given is only 24.7%, the results are obtained from the value of R square. From the results of this study, it is expected that companies selling Korean imported noodle products pay more attention to the usage labels in the products they sell or distribute in Indonesia. this is very important because Indonesian consumers, especially the people in Lampung Province, prioritize seeing halal logos, composition labels, and nutrition labels before deciding to buy. Keywords: Halal Labeling and Purchasing Decisions.