TY - GEN ID - eprints5520 UR - http://digilib.unila.ac.id/5520/ A1 - VERA AFRIYANI, 0913031072 Y1 - 2013/04/08/ N2 - Produktivitas kerja guru sangatlah penting karena guru merupakan salah satu dari komponen sekolah yang mampu membawa perubahan dan perkembangan sekolah ke arah yang lebih baik. Produktivitas kerja guru sertifikasi dapat dilihat dari seberapa efektif guru dalam memenuhi jumlah jam wajib mengajar minimum 24 jam perminggu. Namun, pada kenyataannya hal tersebut masih belum dilaksanakan oleh sebagian guru. Sebagai upaya peningkatan produktivitas kerja guru, maka dibutuhkan sumber-sumber efisien yang sekiranya dapat mempengaruhi tingkat produktivitas kerja guru, antara lain dengan adanya faktor lingkungan kerja yang baik sebagai upaya penambah semangat kerja guru, menciptakan pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan model pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar, dan tingginya tingkat kedisiplinan kerja guru. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja guru sertifikasi pada SMK Negeri Kecamatan Metro Timur yang dibatasi pada variabel bebas lingkungan kerja, model pembelajaran, dan disiplin kerja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan Ex Post Facto dan Survey. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru sertifikasi pada SMK Negeri Kecamatan Metro Timur Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 101 guru dengan jumlah sampel 81 guru. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Pengujian hipotesis dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data yang dihitung menggunakan rumus statistik diperoleh: 1. Ada pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja guru sertifikasi pada SMK Negeri Kecamatan Metro Timur Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan diperoleh thitung 9,346 > ttabel 1,990, koefisien korelasi (r) 0,632 yang menunjukkan bahwa rhitung 0,632 > rtabel 0,219 dan koefisien determinasi (r2) 0,399 dengan persamaan linier ?= 44,178 + 0,231X. 2. Ada pengaruh model pembelajaran terhadap produktivitas kerja guru sertifikasi pada SMK Negeri Kecamatan Metro Timur Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan diperoleh thitung 9,845 > ttabel 1,990, koefisien korelasi (r) 0,636 yang menunjukkan bahwa rhitung 0,636 > rtabel 0,219 dan koefisien determinasi (r2) 0,404 dengan persamaan linier ?= 22,796 + 0,724X. 3. Ada pengaruh disiplin kerja terhadap produktivitas kerja guru sertifikasi pada SMK Negeri Kecamatan Metro Timur Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan diperoleh thitung 4,787 > ttabel 1,990, koefisien korelasi (r) 0,621 yang menunjukkan bahwa rhitung 0,621 > rtabel 0,219 dan koefisien determinasi (r2) 0,386 dengan persamaan linier ?= 11,412 + 0,691X. 4. Ada pengaruh lingkungan kerja, model pembelajaran, dan disiplin kerja terhadap produktivitas kerja guru sertifikasi pada SMK Negeri Kecamatan Metro Timur Tahun Pelajaran 2012/2013, dengan diperoleh Fhitung 28,406 > Ftabel 2,630 yang ditunjukkan oleh regresi linier multiple, koefisien korelasi (R) sebesar 0,776 yang menunjukkan Rhitung 0,776 > R tabel 0,219 dan koefisien determinasi (R2) 0,603 dengan diperoleh persamaan regresinya ? = 26,314 + 0,370X1 + 0,289X2 + 0,239X3. Kata Kunci: Lingkungan Kerja, Model Pembelajaran, Disiplin Kerja, dan Produktivitas Kerja Guru Sertifikasi. TI - PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MODEL PEMBELAJARAN, DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA GURU SERTIFIKASI PADA SMK NEGERI KECAMATAN METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -