%0 Generic %A Eko Meinanto Dedek Saputra, 0853022014 %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:5521 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES %U http://digilib.unila.ac.id/5521/ %X ABSTRAK Guru mata pelajaran fisika sudah menggunakan pendekatan keterampilan proses pada materi yang menggunakan praktikum. Namun, hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan keterampilan proses yang diamati kurang kompleks. Sehingga hasil belajarnya pun masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Adanya pengaruh kemampuan berpikir terhadap penguasaan konsep siswa dengan pendekatan keterampilan proses; (2) Adanya pengaruh kemampuan berpikir terhadap hasil belajar belajar siswa dengan pendekatan keterampilan proses. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII5 Negeri 1 Pekalongan yang berjumlah 32 siswa pada semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 dengan sub materi Kalor. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara purposive sampling. Desain penelitian ini adalah One-Shot Case Study. Eko Meinanto Dedek Saputra iii Berdasarkan penelitian ini, diperoleh data kemampuan berpikir, penguasaan konsep dan hasil belajar yang kemudian dianalisis menggunakan metode regresi linear dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa ketiga data berdistribusi normal dan linier. Selanjutnya untuk menguji pengaruh dilakukan dengan uji korelasi dan regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS 17.0 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kemampuan berpikir terhadap penguasaan konsep siswa dengan pendekatan keterampilan proses. sebesar 33,90% yang merupakan nilai koefisien determinasi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,582 yang termasuk dalam kategori sedang dan persamaan regresi Y= 28,917 + 2,339X dimana konstanta a dan b merupakan koefisien yang signifikan dan (2) Ada pengaruh kemampuan berpikir terhadap hasil belajar dengan pendekatan keterampilan proses. sebesar 37,50% yang merupakan nilai koefisien determinasi dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,582 yang termasuk dalam kategori kuat dan persamaan regresi Y= 32,972 + 2,466X dimana konstanta a dan b merupakan koefisien yang signifikan. Kata kunci : kemampuan berpikir, pendekatan keterampilan proses, penguasaan konsep, hasil belajar