@misc{eprints5524, month = {Mei}, title = {HUBUNGAN KETERAMPILAN HITUNG, PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN GURU MENGAJAR DAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SEMESTER GANJIL SMA BINA MULYA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013}, author = {0913031083 ELOK MULIANI MUSA}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5524/}, abstract = {ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan hitung, persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan cara belajar dengan hasil belajar Akuntansi siswa kelas XII IPS semester ganjil di SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 53 siswa.Untuk menentukan besarnya sampel dari populasi digunakan rumus Cochran yang didasarkan pada jenis kelamin.Berdasarkan hasil perhitungan, jumlah sampel dalam penelitian adalah ini adalah 47 siswa. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan korelasi parsial, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. 1. Ada hubungan yang positif keterampilan hitung dengan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS Semester Ganjil di SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 apabila persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan cara belajar dikendalikan 2. Ada hubungan yang positif persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dengan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS Semester Ganjil di SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 apabila keterampilan hitung dan cara belajar dikendalikan 3. Ada hubungan yang positif cara belajar dengan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS Semester Ganjil di SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 apabila keterampilan hitung dan persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dikendalikan 4. Ada hubungan yang positif keterampilan hitung, persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan cara belajar dengan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS Semester Ganjil di SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 Kata Kunci: keterampilan hitung, persepsi siswa tentang keterampilan guru mengajar dan cara belajar dengan hasil belajar Akuntansi} }