TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5525 UR - http://digilib.unila.ac.id/5525/ A1 - RINA KURNIA DEWI, 0913022017 Y1 - 2013/04/11/ N2 - ABSTRAK Keterampilan metakognisi yang dimiliki sebagian siswa di SMP Negeri 1 Purbolinggo masih kurang baik, yaitu siswa kurang memahami cara dan metode belajar yang dapat meningkatkan semangat belajar siswa itu sendiri. Sehingga masih terdapat siswa yang sulit dalam memahami materi yang dipelajari. Karena kurangnya keterampilan metakognisi yang dimiliki siswa, maka berdampak pada hasil belajar siswa yang masih rendah, khususnya dalam pelajaran fisika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap keterampilan berkomunikasi fisika siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe TSTS .(2) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap keterampilan berpikir kritis fisika siswa SMP melalui model pembelajaran kooperatif tipe TSTS . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Purbolinggo, Lampung Timur pada semester genap sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VIII D yang berjumlah 30 siswa . Berdasarkan uji normalitas, semua data hasil penelitian berdistribusi normal. Untuk uji linearitas antara keterampilan metakognisi dan keterampilan berkomunikasi serta keterampilan metakognisi dan keterampilan berpikir kritis terdapat pengaruh yang linear. Hal ini dilihat dari hasil uji yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi (Linearity) yang didapatkan kurang dari 0,05. Untuk uji regresi sederhana, bentuk persamaan regresi: (1) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap keterampilan berkomunikasi adalah Y1 = 26,955 + 0,417 X , menunjukkan bahwa koefisien regresinya bernilai positif dan nilai Sig. (2-tailed) 0,010 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Keterampilan metakognisi berpengaruh terhadap keterampilan berkomunikasi sebesar 21,2%. (2) Pengaruh keterampilan metakognisi terhadap keterampilan berpikir kritis adalah Y2 = 14,128 + 0,925 X, menunjukkan bahwa koefisien regresinya bernilai positif dan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Keterampilan metakognisi berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis sebesar 56,3%. Hasil uji regresi tersebut menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi berpengaruh terhadap keterampilan berkomunikasi dan keterampilan berpikir kritis. Kata kunci: Two Stay Two Stray (TSTS), Keterampilan Metakognisi, Keterampilan Berkomunikasi, Keterampilan Berpikir Kritis. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENGARUH KETERAMPILAN METAKOGNISI TERHADAP KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS FISIKA SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) AV - restricted ER -