<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung)"^^ . "Antrian muncul disebabkan oleh aktivitas pelayanan yang tidak diimbangi oleh\r\nkebutuhan akan pelayanan sehingga pengguna layanan tersebut tidak terlayani\r\ndengan segera. Peristiwa mengantri pada poli penyakit dalam rawat jalan pasien\r\npengguna kartu BPJS di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung merupakan\r\naktivitas yang langsung antara pasien dengan petugas pelayanan. Proses\r\npenyelenggaraan pelayanan dalam melayani pasien dapat diamati dan dirasakan\r\nsecara langsung, sehingga kualitas pelayanannya dapat dinilai langsung.\r\nTujuan penelitian untuk mengetahui sistem antrian yang optimal diterapkan pada\r\npoli penyakit dalam rawat jalan pasien pengguna kartu BPJS di RSUD Dr. H.\r\nAbdul Moeloek Lampung. Jenis penelitian deskriptif karena berkaitan dengan\r\nobjek tertentu yaitu pada sistem antrian poli penyakit dalam rawat jalan pasien\r\npengguna kartu BPJS di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung dengan kurun\r\nwaktu tertentu mengumpulkan data dan informasi yang dibutuhkan dan\r\ndisesuaikan dengan tujuan penelitian. Populasi yaitu seluruh pasien yang\r\nmenggunakan layanan poli penyakit dalam rawat jalan pengguna kartu BPJS di\r\nRSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung yang akan melakukan pengobatan dengan\r\nmengantri yang populasinya tidak terbatas. Sampel yang digunakan dalam\r\npenelitian ini adalah pasien yang sedang menunggu antrian layanan poli penyakit\r\ndalam rawat jalan pengguna kartu BPJS di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek\r\nLampung pada tanggal 5-31 Agustus 2019 yang berjumlah 1273 pasien. Teknik\r\npengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan studi pustaka. Metode analisis\r\ndata menggunakan model antrian multi channel–multi phase M/M/S untuk\r\nmenganalisis jumlah pasien rata-rata dalam sistem, jumlah waktu rata-rata\r\ndihabiskan dalam sistem, jumlah rata-rata yang menunggu dalam antrian, waktu\r\nrata-rata dihabiskan untuk menunggu dalam antrian sampai dilayani, probabilitas\r\nunit pelayanan kosong, dan probabilitas sejumlah pasien berada dalam sistem.\r\n\r\nRANI CAHYANI\r\n\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa sistem antrian poli penyakit dalam rawat\r\njalan pasien pengguna kartu BPJS di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung\r\nmenerapkan sistem antrian multi channel–multi phase dengan sistem antrian\r\nM/M/S dan disiplin antrian first come first served (FCFS). Saran untuk sistem\r\nantrian poli penyakit dalam rawat jalan pasien pengguna kartu BPJS di RSUD Dr.\r\nH. Abdul Moeloek Lampung adalah penambahan perawat, dibuat batasan jumlah\r\npasien yang berobat dalam sehari dan perbaikan masalah kelistrikan supaya pasien\r\nyang datang untuk mendapatkan pelayanan tidak mengalami antrian yang terlalu\r\nlama dan waktu pelayanan yang digunakan akan lebih cepat sehingga sistem\r\nantrian yang diterapkan pada poli penyakit dalam rawat jalan pasien pengguna\r\nkartu BPJS di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung dapat dinyatakan optimal.\r\nKata Kunci : Antrian, Poli Penyakit Dalam Rawat Jalan Pasien Pengguna\r\nKartu BPJS Di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung.\r\nQueues arise due to service activities that are not compensated by the need for\r\nservices so that service users are not served immediately. The case of queue up on\r\ninternal disease clinic for BPJS card user outpatients in Dr. H. Abdul Moeloek\r\nLampung is a direct activity between patients and service personnel. The process\r\nof providing services in serving patients can be observed and felt directly, so that\r\nthe quality of its services can be assessed directly.\r\nThe purpose of this study is to determine the optimal queue system applied to\r\noutpatients who use BPJS card in internal disease clinic in Dr. H. Abdul Moeloek\r\nLampung. This type of study used is a descriptive study because it relates to a\r\nparticular object, namely in queue system in internal disease clinic for outpatients\r\nwho use BPJS card in RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung, collecting data\r\nand information needed and adjusted to the purpose of study and carried out\r\nwithin a certain period. The population is all BPJS card user outpatients who use\r\nthe service of internal disease clinic in RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung\r\nwho will seek treatment by waiting in line whose population is unlimited. The\r\nsample used in this study is BPJS card user outpatients in internal disease clinic\r\nBPJS di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung who were waiting in a line on 5 - 31 August 2019, amounting to 1273 patients. Data collection techniques are\r\ninterviews, observation and literature study. The data analysis method uses a\r\nmulti-channel multi-phase M/M/S queuing model to analyze the average number\r\nof patients in the system, the average amount of time spent in the system, the\r\naverage number of waiting in a queue, average time spent waiting in the queue\r\nwaiting to be served, probability of service unit being empty, and the probability\r\nof a number of patients being in the system.\r\n\r\nRANI CAHYANI\r\n\r\nThe result shows that queue system in internal disease clinic for BPJS card user\r\noutpatients in RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung implements a multi- channel multi-phase queuing system with an M/M/S queuing system and first\r\ncome first served (FCFS) queuing discipline. Suggestions for queue system in\r\ninternal disease clinic for BPJS card user outpatients in RSUD Dr. H. Abdul\r\nMoeloek Lampung are the addition of nurses, made a limitation of patients who\r\nseek treatment in a day and repairing electrical problems so that patients who\r\ncome to get services do not experience queues that are too long and the service\r\ntime used will be faster so that the queuing system applied to internal disease\r\nclinic for BPJS card user outpatients in RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung\r\ncan be avowed as optimal.\r\nKeywords: Queue, BPJS Card User Outpatient in Internal Disease in Dr. H.\r\n\r\nAbdul Moeloek Lampung."^^ . "2019" . . . . . "FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS"^^ . . . . . . . "1311011123"^^ . "Rani Cahyani"^^ . "1311011123 Rani Cahyani"^^ . . . . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (File PDF)"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "PENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM\r\nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS\r\n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #55251 \n\nPENERAPAN SISTEM ANTRIAN PADA POLI PENYAKIT DALAM \nRAWAT JALAN PASIEN PENGGUNA KARTU BPJS \n(Studi Kasus di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung)\n\n" . "text/html" . . . " " . .