%A 0913031039 EKA RIZKY AMALIA %T STUDI PERBANDINGAN MORALITAS ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP TERHADAP MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRAGI LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan moralitas antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model Value Clarification Technique (VCT) dan siswa yang pembelajarannya menggunakan model Group Investigation (GI) dengan memperhatikan sikap terhadap mata pelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan treatment by level. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data diperoleh temuan sebagai berikut: 1) ada perbedaan moralitas antara siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada mata pelajaran IPS Terpadu, dengan hasil pengujian 5,802 > 4,10. 2) moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) bagi siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran IPS Terpadu, dengan hasil pengujian 9,806 > 2,10. 3) moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) bagi siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran IPS Terpadu, dengan hasil pengujian 2,339 > 2,10. 4) ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan sikap siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu terhadap moralitas siswa, dengan hasil pengujian 59,026 > 4,10. Kata Kunci: Moralitas, Model Pembelajaran VCT dan GI, serta Sikap Terhadap Mata Pelajaran. %D 2013 %L eprints5526