TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints55281 UR - http://digilib.unila.ac.id/55281/ A1 - Razana Ariandra, 1414131160 Y1 - 2019/// N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi beras siger di Provinsi Lampung dalam daur hidup produk (Product Life Cycle), motif produsen dalam usaha beras siger, persepsi konsumen terhadap beras siger dan motif konsumen dalam pembelian beras siger. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus pada agroindustri beras siger. Responden penelitian adalah 5 produsen dan 50 konsumen beras siger. Data dikumpulkan pada bulan September 2018 hingga Maret 2019. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Agroindustri Kenanga, Agroindustri Sehat Sari, Agroindustri Indometro Surya Andola, Agroindustri Cahaya Sejahtera, dan Agroindustri Toga Sari berada dalam Tahap Pertumbuhan. Motif produsen dalam usaha beras siger adalah mencari laba, menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat, dan adanya manfaat produk bagi konsumen. Persepsi konsumen terhadap manfaat, rasa, aroma, dan tesktur dari beras siger berada kriteria tinggi. Motif konsumen dalam pembelian beras siger adalah karena kesukaan dan adanya manfaat dari beras siger. Kata kunci: beras siger, motif, persepsi, PLC. This research aims to analyze siger rice position in Lampung Province in the product life cycle (PLC), producer?s motives in the siger rice business, consumer?s perception of siger rice and consumer?s motives in buying siger rice. This research uses case study method on siger rice agroindustry. Respondents are 5 producers and 50 consumers of siger rice. Data were collected in September 2018 until March 2019. Data are analyzed by descriptive quantitative analysis. The results show that the siger rice position in the product life cycle in Kenanga Agroindustry, Sehat Sari Agroindustry, Indometro Surya Andola Agroindustry, Cahaya Sejahtera Agroindustry, and Toga Sari Agroindustry are in the Growth Stage. Producer?s motives in the siger rice business seeks profits, provide employment to the community, and the existence of product benefits for consumers. Consumer?s perception of the benefits, taste, aroma, and texture of siger rice are in the high criteria. Consumer?s motives in buying siger rice because of Consumer?s preferences and benefits of siger rice. Key words: motive, perception, PLC, siger rice. PB - FAKULTAS PERTANIAN TI - ANALISIS DAUR HIDUP PRODUK (PRODUCT LIFE CYCLE) BERAS SIGER DI PROVINSI LAMPUNG AV - restricted ER -