%0 Generic %A M. Syaifullah Acc, 0853031027 %D 2013 %F eprints:5533 %T HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/5533/ %X ABSTRAK bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar Ekonomi Siswa kelas X Semester Genap SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 178 orang dengan sampel 118 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan komputer melalui program SPSS. Untuk menguji hipotesis pertama dan kedua menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan regresi linier multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam proses pembelajaran dengan hasil belajar Ekonomi Siswa kelas X Semester Genap SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang ditunjukkan oleh hasil uji korelasi product moment diperoleh r²= 0,238 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 6.011 sedangkan ttabel = 1,981, ini berarti thitung > ttabel. 2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar Ekonomi Kelas X Semester Genap SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang ditunjukkan oleh hasil uji korelasi product moment diperoleh r²= 0,265 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t hitung = 6.464 sedangkan ttabel = 1,981, ini berarti thitung > ttabel. 3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar Ekonomi Siswa kelas X Semester Genap SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang ditunjukkan oleh hasil uji korelasi ganda (multiple)diperoleh R²= 0,407, pada taraf signifikansi 0,05 dengan Fhitung = 39.484 sedangkan Ftabel = 3,072, ini berarti Fhitung >Ftabel. Kata kunci: Kreativitas Guru, Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Ekonomi