<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS"^^ . "Hutan rakyat berfungsi dalam menjaga kesuburan tanah, mengatur sistem tata air\r\ndan menyediakan hasil hutan untuk kebutuhan masyarakat dalam menunjang perekonomian. Salah satu hasil hutan rakyat yang menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat adalah manggis. Namun, keuntungan yang diperoleh petani dari\r\nhasil pemasaran manggis masih tergolong rendah karena harga jual manggis di tingkat petani relatif lebih murah dibandingkan harga di tingkat konsumen,\r\nsehingga perlu diketahui pemasaran manggis efisien atau tidak efisien. Tujuan\r\ndari penelitian ini yaitu mengidentifikasi dan menganalisis lembaga pemasaran\r\ndan fungsi-fungsi pemasaran, saluran pemasaran dan efisiensi pemasaran.\r\nPenelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif\r\ndigunakan untuk menganalisis saluran, lembaga dan fungsi-fungsi pemasaran,\r\nsedangkan metode kuantitatif digunakan untuk menganalisis margin pemasaran,\r\nkeuntungan, share, efisiensi pemasaran dan Ratio Profit Margin (RPM).\r\nPenelitian dilakukan pada bulan Maret-April 2019 di Dusun Kramat Jati dan Dusun Tegalsari II, Desa Air Kubang. Pengambilan responden dilakukan dengan\r\ncara sensus, yaitu sebanyak 46 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lembaga pemasaran yang terlibat dalam pemasaran manggis yaitu pedagang pengumpul tingkat desa, pedagang pengumpul tingkat kabupaten, pedagang besar\r\ntingkat kabupaten dan pengecer. Lembaga pemasaran melakukan fungsi\r\npenjualan, pembelian, pengangkutan, penyimpanan, standarisasi, penanggungan\r\nrisiko dan informasi pasar. Terdapat 4 saluran pemasaran di Dusun Kramat Jati dan Dusun Tegalsari II. Saluran 1 dan saluran 4 di kedua dusun memiliki saluran\r\nyang sama, yaitu saluran 1: petani-konsumen akhir dan saluran 4: petanipedagang besar tingkat kabupaten-konsumen akhir, sedangkan saluran 2 dan\r\nsaluran 3 di kedua dusun memiliki saluran yang berbeda, yaitu saluran 2 (Dusun\r\nKramat Jati): petani-pedagang pengumpul tingkat desa-pedagang pengumpul tingkat kabupaten-pengecer-konsumen akhir; saluran 2 (Dusun Tegalsari II):\r\npetani-pedagang pengumpul tingkat desa-pedagang pengumpul tingkat kabupatenpedagang besar diluar Lampung dan saluran 3 (Dusun Kramat Jati): petanipedagang besar tingkat kabupaten-pengecer-konsumen akhir; saluran 3 (Dusun\r\nTegalsari II): petani-pedagang besar tingkat kabupaten-pedagang besar diluar\r\nLampung. Hal ini dikarenakan pedagang pengumpul tingkat kabupaten di Dusun\r\nKramat Jati belum memiliki kerja sama dengan pedagang besar di luar Lampung seperti yang dilakukan oleh pedagang pengumpul tingkat kabupaten di Dusun\r\nTegalsari II. Pemasaran manggis jika dilihat dari margin pemasaran, keuntungan,\r\nbiaya, share dan efisiensi pemasaran dikatakan efisien, namun jika dilihat dari\r\nRatio Profit Margin (RPM) pemasaran dikatakan belum efisien.\r\nKata kunci: hutan rakyat, manggis, pemasaran.\r\n\r\n\r\n\r\nPrivate forest function in maintaining soil fertility, regulating water systems and\r\nproviding forest products for community needs in supporting the economy. One\r\nof the results of private forest that produce economic value for the community is\r\nmangosteen. However, the profit gained by farmers from the marketing of\r\nmangosteen is still relatively low because the price of selling mangosteen at the farm level is relatively cheaper than prices at the consumer level, so it is necessary to know mangosteen marketing is efficient or inefficient. The purpose of this\r\nresearch were to identified and analyze of marketing institutions and marketing functions, marketing channels and marketing efficiency. The study was\r\nconducted in March-April 2019 in Kramat Jati Sub-village and Tegalsari II Subvillage,\r\nAir Kubang Village. This research was used qualitative and quantitative methods. Qualitative methods were used to analysed marketing channels,\r\ninstitutions and functions, while quantitative methods were used to analyzed\r\nmarketing margins, profits, shares, marketing efficiency and Ratio Profit Margin (RPM). Respondents in this research were 46 mangosteen farmers selected by census method. The results of the research showed marketing institutions\r\ninvolved in mangosteen marketing are collector at village level, collector at\r\ndistrict level, big trader at district level and retailer. Marketing institutions\r\nperform the functions of sales, purchasing, transportation, retention, standardized,\r\nrisk management and market information. There are 4 marketing channels in\r\nKramat Jati Sub-village and Tegalsari II Sub-village. Channel 1 and channel 4 in\r\nboth Sub-village have the same channel, namely channel 1: farmer-end consumer\r\nand channel 4: farmer-big trader at district level-end consumer, while channel 2\r\nand channel 3 in both Sub-village have different channels, namely channel 2\r\n(Kramat Jati Sub-village): farmer-collector at village level-collector at district\r\nlevel-big trader at district level-retailer-end consumer; channel 2 (Tegalsari II Sub-village): farmer-collector at village level-collector at district level, big trader\r\noutside Lampung and channel 3 (Kramat Jati Sub-village): farmer-big trader at\r\ndistrict level-retailer-end consumer; channel 3 (Tegalsari II Sub-village): farmerbig\r\ntrader at district level- big trader outside Lampung. This is because collector\r\nat district level in Kramat Jati Sub-village do not have cooperation with big trader\r\noutside Lampung, as did the collector at district level in Tegalsari II Sub-village.\r\nWe can see mangosteen marketing from marketing margin, profit, cost, share and\r\nmarketing efficiency are efficient, but from Ratio Profit Margin (RPM) we can\r\nsee mangosteen marketing aren’t efficient yet.\r\nKeywords: mangosteen, marketing, private forest."^^ . "2019-11-11" . . . . . "FAKULTAS PERTANIAN"^^ . . . . . . . "1514151014"^^ . "ANNAS THASYA NINGRUM FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG BAND"^^ . "1514151014 ANNAS THASYA NINGRUM FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS LAMPUNG BAND"^^ . . . . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (File PDF)"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS\r\n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #55386 \n\nANALISIS EFISIENSI PEMASARAN BUAH MANGGIS \n(Garcinia mangostana L.) DI HUTAN RAKYAT DESA AIR KUBANG KABUPATEN TANGGAMUS\n\n" . "text/html" . . . "Kehutanan"@en . .