%0 Generic %A Marco Stansyah, 144101035 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:55419 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA HOTEL NOVOTEL DI BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/55419/ %X Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Novotel di Bandar Lampung Marco Stansyah Karyawan merupakan modal perusahaan yang sangat berharga dan harus dikelola dengan baik oleh perusahaan agar dapat memberikan kontribusi yang optimal. Kinerja karyawan merupakan faktor yang sangat penting bagi kemajuan suatu perusahaan. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan pada Hotel Novotel Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linear berganda dengan jumlah sampel sebanyak 85 karyawan Hotel Novotel Bandar Lampung. Setelah dilakukan perhitungan dan dianalisis diketahui bahwa variabel kepuasan kerja terhadap kinerja hanya memiliki pengaruh sebesar 14,8%. Pengaruh yang tidak terlalu besar perlu diperhatikan oleh pihak manajemen Hotel Novotel agar komitmen pegawai menibgkat sehingga kinerja diharapkan akan meningkat. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah kepuasan kerja yang sudah baik dari Pegawai Hotel Novotel apabila dikombinakasikan dengan pemberian reward baik financial maupun non financial dengan tepat maka akan mampu meningkatkan kinerja. Pengaruh variabel komitmen terhadap kinerja pegawai Hotel Novotel hanya sebesar 7,7%. Hasil ini menunjukan bahwa variabel komitmen meskipun memiliki pengrauh yang relatif kecil merupakan variabel yang mampu meningkatkan kinerja pegawai Hotel Novotel. Kesimpulan penelitian ini adalah hipotesis yang diajukan pada penelitian ini secara keseluruhan dapat diterima. Variabel komitmen memiliki pengaruh lebih besar jika dibandingkan dengan kepuasan kerja terhadap kinerja. Sehingga saran yang diajukan adalah komitmen pegawai Hotel Novotel yang sudah baik harus terus dipertahankan. Cara yang dapat digunakan adalah dengan rotasi pegawai secara teratur dan terbuka berdasarkan kinerja. Rotasi pegawai akan menyebabkan pegawai menerima tantangan baru dan suasana kerja yang berbeda, sehingga menghindari kejenuhan. Kepuasan kerja perlu ditingkatkan dengan pemberian kesempatan untuk mengembangkan diri dengan cara pemberian beasiswa untuk pendidikan lebih lanjut juga penting bagi peningkatan kemampuan pegawai. Jangka panjang dari peningkatan kemampuan akan meningkatkan kinerja pegawai tersebut. Kata kunci : kepuasan kerja, komitmen organisasi, kinerja Effect of Job Satisfaction and Organizational Commitment on Employee Performance at Novotel Hotel in Bandar Lampung Marco Stansyah Employees are the company's capital that is very valuable and must be managed properly by the company in order to provide optimal contributions. Employee performance is a very important factor for the progress of a company. So that this study aims to determine the effect of job satisfaction and organizational commitment on employee performance at Novotel Hotel in Bandar Lampung. This study uses a multiple linear regression analysis with a total sample of 85 employees at Novotel Hotel in Bandar Lampung. After calculating and analyzing it is known that the variable job satisfaction on performance only has an effect of 14.8%. Influence that is not too large should be considered by the management of the Novotel Hotel so that the commitment of employees increases so that performance is expected to increase. The implication of the results of this study is that good job satisfaction from Novotel Hotel employees if combined with the provision of reward both financially and non-financially properly will be able to improve performance. The effect of the commitment variable on the performance of Novotel Hotel employees is only 7.7%. These results indicate that the commitment variable despite having a relatively small audience is a variable that can improve the performance of Novotel Hotel employees. The conclusion of this study is that the hypothesis proposed in this study as a whole is acceptable. Commitment variables have a greater influence than job satisfaction on performance. So the suggestion put forward is that the commitment of Novotel Hotel employees who have been good must continue to be maintained. The method that can be used is regular employee rotation and openness based on performance. Employee rotation will cause employees to accept new challenges and different working conditions, thus avoiding saturation. Job satisfaction needs to be improved by providing opportunities to develop themselves by providing scholarships for further education which are also important for improving employee capacity. The long term improvement of capabilities will improve the performance of these employees. Keywords: job satisfaction, organizational commitment, performance