TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5558 UR - http://digilib.unila.ac.id/5558/ A1 - MARYATI, 1013109115 Y1 - 2014/09/10/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif number head together di SD Negeri 3 Taman Sari Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif number head together, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn. Hal ini ditunjukkan data dimana pada siklus I pertemuan ke-1 aktivitas belajar siswa 62% dan pada pertemuan ke-2 meningkat menjadi 72%. Sedangkan pada siklus II pertemuan ke-1 83% dan pertemuan ke-2 mencapai 89%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 67,5 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 79,47. Hasil belajar yang diperoleh pada siklus II ini sudah memenuhi indikator keberhasilan yang diharapkan. Kata Kunci : Number Head Together, Aktivitas, Hasil Belajar. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 TAMANSARI KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TP 2014/2015 AV - restricted ER -