@misc{eprints5559, month = {Oktober}, title = {PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK PENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KRESNOWIDODO KECAMATAN TEGINENENG}, author = {1013109146 Seryana}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {FKIP}, year = {2014}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5559/}, abstract = {Penelitian bertujuan untuk peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 Kresnowidodo Tegineneng. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan alat tes. Data di analisis dengan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I rata-rata aktivitas siswa berada pada kategori cukup aktif yaitu 61,34\%, pada siklus II berada pada kategori aktif yaitu 77,07\%. Prestasi belajar siswa pada siklus I yaitu 52,77\%, pada siklus II yaitu 88,88\%. Kata Kunci: kooperatif NHT, aktivitas, prestasi belajar} }