%0 Generic %A Seryana, 1013109146 %C Universitas Lampung %D 2014 %F eprints:5559 %I FKIP %T PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK PENINGKATAN PRESTASI DAN AKTIVITAS BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KRESNOWIDODO KECAMATAN TEGINENENG %U http://digilib.unila.ac.id/5559/ %X Penelitian bertujuan untuk peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN 2 Kresnowidodo Tegineneng. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan alat tes. Data di analisis dengan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I rata-rata aktivitas siswa berada pada kategori cukup aktif yaitu 61,34%, pada siklus II berada pada kategori aktif yaitu 77,07%. Prestasi belajar siswa pada siklus I yaitu 52,77%, pada siklus II yaitu 88,88%. Kata Kunci: kooperatif NHT, aktivitas, prestasi belajar