@misc{eprints5561, month = {Mei}, title = {STUDI PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2112}, author = {0853031007 Dede Kurniawan}, year = {2013}, url = {http://digilib.unila.ac.id/5561/}, abstract = {ABSTRAK Hasil belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri Way Tenong dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu kurangnya keaktifan siswa serta kurangnya variasi dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran ekonomi. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation digunakan di kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 274 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Way Tenong pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012, dengan sampel sebanyak 64 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus T-test dan rumus N-gain. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1. Berdasarkan pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien Thitung 4,330 dan Ttabel 1,697 dengan Signifikansi sebesar 0.000 {\ensuremath{<}} 0.05, dengan demikian berarti ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa melalui model pembelajaran kooperatif type Group Investigation dan model pembelajaran langsung. 2. Berdasarkan pengujian diketahui hasil N-gain kelas eksperimen lebih besar daripada N-gain kelas kontrol yaitu (1.632 {\ensuremath{>}} 1.492) dan uji t (kesamaan dua rata-rata) N-gain yaitu thitung {\ensuremath{>}} ttabel, dengan demikian Ho diterima yang berarti ada peningkatan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe group investigaton dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Model Pembelajaran Langsung.} }