?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBANDINGAN+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+HASIL+BELAJAR+FISIKA+SISWA+ANTARA+MODEL+PEMBELAJARAN%0D%0ASIKLUS+BELAJAR+EMPIRIS+INDUKTIF+DENGAN%0D%0APEMBELAJARAN+MODIFIED+FREE%0D%0ADISCOVERY-INQUIRY&rft.creator=Hanny+Kruisdiarti%2C+0913022048&rft.subject=+&rft.description=ABSTRAK%0D%0A%0D%0APembelajaran+hendaknya+berpusat+pada+siswa+dan+tidak+lagi+menempatkan+guru+sebagai+sumber+belajar.+Sehingga%2C+perlu+implementasi+berbagai+inovasi+pembelajaran+untuk+membantu+siswa+mencapai+tujuan+pendidikannya.+Penelitian+ini+membandingkan+keterampilan+berpikir+kritis+dan+hasil+belajar+fisika+siswa+antara+model+pembelajaran+siklus+belajar+empiris+induktif+dengan+pembelajaran+modified+free+discovery-inquiry.+Tujuan+penelitian+ini+untuk+mengetahui%2C+(1)+perbedaan+rata-rata+keterampilan+berpikir+kritis+siswa+antara+model+siklus+belajar+empiris+induktif+dengan+pembelajaran+modified+free+discovery-inquiry%3B+(2)+perbedaan+rata-rata+hasil+belajar+antara+model+siklus+belajar+empiris+induktif+dengan+pembelajaran+modified+free+discovery-inquiry.+Penelitian+ini+telah+dilaksanakan+pada+semester+genap+tahun+ajaran+2012%2F2013+di+SMP+Negeri+3+Bandarlampung.+Populasi+pada+penelitian+ini+adalah+seluruh+siswa+kelas+VIII+semester+genap+tahun+pelajaran+2012%2F2013+di+SMP+Negeri+3+Bandarlampung.+Sampel+penelitian+ini+terdiri+dari+2+kelas+yang+diambil+dengan+menggunakan+teknik+cluster+random+sampling.+Sampel+yang+diperoleh+adalah+kelas+VIIIC%0D%0AHanny+Kruisdiarti%0D%0Asebagai+kelompok+eksperimen+1+dan+kelas+VIIID+sebagai+kelompok+eksperimen+2.+Desain+penelitian+menggunakan+bentuk+Pre-Eksperimental+Design+dengan+tipe+One+Group+Pretest-Posttest+Design.+Teknik+analisis+data+hasil+belajar+menggunakan+skor+gain+ternormalisasi%2C+sedangkan+data+keterampilan+berpikir+kritis+dianalisis+menggukan+persentase+perolehan+nilai.+Pada+pengujian+hipotesis+menggunakan+uji+Independent+Sample+T+Test.+Berdasarkan+hasil+tes%2C+nilai+rata-rata+keterampilan+berpikir+kritis+siswa+pada+kelas+siklus+belajar+empiris+induktif+sebesar+66%2C26+dan+pada+kelas+modified+free+discovery-inquiry+sebesar+75%2C35.+Untuk+hasil+belajar%2C+kelas+siklus+belajar+empiris+induktif+memperoleh+rata-rata+N-gain+hasil+belajar+sebesar+0%2C67+dan+kelas+modified+free+discovery-inquiry+memperoleh+rata-rata+N-Gain+hasil+belajar+sebesar+0%2C76.+Dengan+demikian%2C+hasil+tersebut+menunjukkan+bahwa+rata-rata+keterampilan+berpikir+kritis+dan+hasil+belajar+pada+kelas+modified+free+discovery-inquiry+lebih+tinggi+dibandingkan+dengan+kelas+siklus+belajar+empiris+induktif.%0D%0AKata+kunci+%3A+keterampilan+berpikir+kritis%2C+hasil+belajar%2C+model+siklus+belajar+empiris+induktif%2C+dan+pembelajaran+modified+free+discovery-inquiry&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2013-04-12&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F1%2F2.%2520Abstrak.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F2%2F3.%2520Cover%2520Dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F3%2F4.%2520Menyetujui.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F4%2F5.%2520Mengesahkan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F5%2F6.%2520Surat%2520Pernyataan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F6%2F7.%2520Riwayat%2520Hidup.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F7%2F8.%2520Motto.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F8%2F9.%2520Persembahan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F9%2F10.%2520Sanwacana.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F10%2F11.%2520Daftar%2520Isi.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F11%2F12.%2520Daftar%2520Tabel.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F12%2F13.%2520Daftar%2520Gambar.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F13%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F14%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F15%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F16%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F17%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F18%2FDaftar%2520Pustaka.pdf&rft.identifier=++Hanny+Kruisdiarti%2C+0913022048++(2013)+PERBANDINGAN+KETERAMPILAN+BERPIKIR+KRITIS+DAN+HASIL+BELAJAR+FISIKA+SISWA+ANTARA+MODEL+PEMBELAJARAN+SIKLUS+BELAJAR+EMPIRIS+INDUKTIF+DENGAN+PEMBELAJARAN+MODIFIED+FREE+DISCOVERY-INQUIRY.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F5567%2F