title: PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DENGAN PEMBELAJARAN MODIFIED FREE DISCOVERY-INQUIRY creator: Hanny Kruisdiarti, 0913022048 subject: description: ABSTRAK Pembelajaran hendaknya berpusat pada siswa dan tidak lagi menempatkan guru sebagai sumber belajar. Sehingga, perlu implementasi berbagai inovasi pembelajaran untuk membantu siswa mencapai tujuan pendidikannya. Penelitian ini membandingkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa antara model pembelajaran siklus belajar empiris induktif dengan pembelajaran modified free discovery-inquiry. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, (1) perbedaan rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa antara model siklus belajar empiris induktif dengan pembelajaran modified free discovery-inquiry; (2) perbedaan rata-rata hasil belajar antara model siklus belajar empiris induktif dengan pembelajaran modified free discovery-inquiry. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 3 Bandarlampung. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2012/2013 di SMP Negeri 3 Bandarlampung. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diperoleh adalah kelas VIIIC Hanny Kruisdiarti sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas VIIID sebagai kelompok eksperimen 2. Desain penelitian menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data hasil belajar menggunakan skor gain ternormalisasi, sedangkan data keterampilan berpikir kritis dianalisis menggukan persentase perolehan nilai. Pada pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T Test. Berdasarkan hasil tes, nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas siklus belajar empiris induktif sebesar 66,26 dan pada kelas modified free discovery-inquiry sebesar 75,35. Untuk hasil belajar, kelas siklus belajar empiris induktif memperoleh rata-rata N-gain hasil belajar sebesar 0,67 dan kelas modified free discovery-inquiry memperoleh rata-rata N-Gain hasil belajar sebesar 0,76. Dengan demikian, hasil tersebut menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pada kelas modified free discovery-inquiry lebih tinggi dibandingkan dengan kelas siklus belajar empiris induktif. Kata kunci : keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, model siklus belajar empiris induktif, dan pembelajaran modified free discovery-inquiry publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2013-04-12 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/1/2.%20Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/2/3.%20Cover%20Dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/3/4.%20Menyetujui.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/4/5.%20Mengesahkan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/5/6.%20Surat%20Pernyataan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/6/7.%20Riwayat%20Hidup.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/7/8.%20Motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/8/9.%20Persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/9/10.%20Sanwacana.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/10/11.%20Daftar%20Isi.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/11/12.%20Daftar%20Tabel.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/12/13.%20Daftar%20Gambar.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/14/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/15/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/16/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5567/18/Daftar%20Pustaka.pdf identifier: Hanny Kruisdiarti, 0913022048 (2013) PERBANDINGAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR EMPIRIS INDUKTIF DENGAN PEMBELAJARAN MODIFIED FREE DISCOVERY-INQUIRY. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/5567/