<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung)"^^ . "Debt collector merupakan sebutan pegawai perusahaan pembiayaan yang secara\r\nkhusus melakukan penagihan atas keterlambatan konsumen membayar angsuran\r\nkendaraan. Perilaku para debt collector ini sering kali meresahkan para konsumen\r\nsebab mereka melakukan perampasan terhadap kendaraan konsumen. Permasalahan\r\ndalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah peran Lembaga Pengaduan Konsumen\r\nNusantara Indonesia (LPKNI) Lampung dalam melindungi konsumen dari tindak\r\npidana perampasan kendaraan oleh debt collector? (2) Apakah faktor-faktor\r\npenghambat pelaksanaan peran LPKNI Lampung dalam melindungi konsumen dari\r\ntindak pidana perampasan kendaraan oleh debt collector?\r\nPendekatan masalah yang digunakan adalah yuridis normatif dan pendekatan yuridis\r\nempiris. Narasumber penelitian terdiri dari ketua LPKNI Lampung, Debitur\r\nPerusahaan Pembiayaan Kendaran Bermotor, Penyidik Satreskrim Polresta Bandar\r\nLampung dan Dosen Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Unila. Pengumpulan\r\ndata dilakukan dengan studi pustaka dan studi lapangan, selanjutnya data dianalisis\r\nsecara kualitatif.\r\nHasil penelitian ini menunjukkan: (1) Peran LPKNI Lampung dalam melindungi\r\nkonsumen dari tindak pidana perampasan kendaraan oleh debt collector secara\r\nnormatif dilaksanakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang\r\nPerlindungan Konsumen. Peran secara faktual dilaksanakan dengan melaksanakan\r\nadvokasi perlindungan konsumen yaitu membantu meningkatkan kesadaran\r\nkonsumen hak-hak dan kewajiban dan mendampingi konsumen yang dirugikan\r\nperusahaan pembiayaan. Selain itu melaksanakan koordinasi dengan Pihak Kepolisia\r\ndengan cara menghubungi pihak Kepolisian setelah LPKNI Lampung menerima\r\naduan atau menemukan adanya tindak pidana perampasan kendaraan oleh debt\r\ncollector dalam rangka pelaksaaan penyelidikan dan penyidikan terhadap debt\r\ncollector yang merampas kendaraan. (2) Faktor-faktor penghambat pelaksanaan peran\r\nLPKNI Lampung dalam melindungi konsumen dari tindak pidana perampasan\r\nkendaraan oleh debt collector terdiri dari faktor substansi hukum yaitu masih belum\r\nkuatnya posisi legal standing LPKNI dalam Undang-Undang Perlindungan\r\nKonsumen untuk mengajukan gugatan pada perusahaan yang merugikan konsumen,\r\n\r\nAchmad Gama Haris\r\nfaktor sumber daya manusia yaitu terbatasnya petugas LPKNI Lampung. Faktor\r\nmasyarakat yaitu keengganan masyarakat menjadi saksi dalam proses penegakan\r\nhukum. Faktor budaya, yaitu adanya masyarakat yang lebih memilih menyelesaikan\r\nperkara pidana perampasan kendaraan oleh debt collector melalui cara kekeluargaan.\r\nSaran dalam penelitian ini adalah: (1) Peran LPKNI Lampung dalam perlindungan\r\nkonsumen hendaknya semakin ditingkatkan dengan cara mengoptimalkan sosialisasi\r\ndan advokasi terhadap konsumen, sehingga konsumen benar-benar merasakan adanya\r\nperan organisasi LPKNI. Selain itu agar sarana prasarana teknis yang menunjang\r\nkinerja LPKNI Lampung dalam sosialisasi dan advokasi dilengkapi secara memadai.\r\n(2) Hendaknya diberlakukan peraturan khusus mengenai legal standing LPKNI dalam\r\nproses perlindungan terhadap konsumen khususnya LPKNI dapat berperan sebagai\r\npenggugat atau mendampingi konsumen selama proses persidangan berjalan,\r\nsehingga upaya perlidungan konsumen menjadi lebih konsumen.\r\nKata Kunci: Peran LPKNI, Perampasan Kendaraan, Debt Collector "^^ . "2019" . . . . . "FAKULTAS HUKUM "^^ . . . . . . . "14120111005"^^ . "ACHMAD GAMA HARIS"^^ . "14120111005 ACHMAD GAMA HARIS"^^ . . . . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (File PDF)"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA\r\nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA\r\nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR\r\n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia\r\n\r\n(LPKNI) Lampung) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #55682 \n\nPERAN LEMBAGA PENGADUAN KONSUMEN NUSANTARA INDONESIA \nDALAM MELINDUNGI KONSUMEN DARI TINDAK PIDANA \nPERAMPASAN KENDARAAN OLEH DEBT COLLECTOR \n(Studi pada Lembaga Pengaduan Konsumen Nusantara Indonesia \n \n(LPKNI) Lampung)\n\n" . "text/html" . . . " "@en . ""@id . .