TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints5573 UR - http://digilib.unila.ac.id/5573/ A1 - ANWAR SALAM AL-ANSHORI, 0743022002 Y1 - 2013/// N2 - ABSTRAK Pembelajaran konvensional yang selama ini berpusat pada guru, terkesan merugikan siswa terutama siswa yang berkemampuan rendah terlihat cenderung lebih pasif dalam pembelajaran, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih termotivasi sehingga hasil belajarnya meningkat, yaitu model pembelajaran learning cycle 5 fase. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifitasan model pembelajaran LC5E yang terdiri dari 5 fase terhadap perolehan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang pembelajaran-nya menggunakan model LC5E dengan pembelajaran konvensional (DI) (2) Model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Natar , menggunakan satu kelas ekperimen (kelas X6) dengan jumlah sampel 35 siswa dan 1 kelas kontrol (kelas X7) Pada proses pembelajaran menggunakan bahan ajar yaitu LKK berbasis model learning cycle 5 fase (LC5E). Adapun desain penelitian ini menggunakan Anwar salam Al-anshori desain one shot case study. Hasil belajar diukur dari nilai hasil evaluasi posttest. Setelah semua data diperoleh lalu data diuji dengan SPPS 17.00 yaitu dengan uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas dan independent t-test. Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar fisika siswa antara model pembelajaran LC5E dengan pembelajaran konvensional. Dari hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas LC5E dan kelas konvensional(DI) (2) Pembelajaran LC5E efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Pembelajaran LC5E, Hasil belajar PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE DITINJAU DARI HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 1 NATAR AV - restricted ER -