TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints55736 UR - http://digilib.unila.ac.id/55736/ A1 - Nur Afifah, 1516051059 Y1 - 2019/07/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan K-drama terhadap minat berkunjung ke destinasi wisata Korea Selatan dengan citra destinasi sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis struktural (SEM) dengan menggunakan software SmartPLS versi 3.0. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan uji Rē untuk melihat besarnya pengaruh dan uji t untuk menguji hipotesis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan yaitu 99 anggota komunitas K-popers yang diperoleh melalui teknik proportionate stratified random sampling. Hasil pengujian menggunakan uji Rē menunjukkan besarnya pengaruh variabel K-drama terhadap minat berkunjung sebesar 44,5%, yang mengartikan bahwa tayangan K-drama merupakan media pemasaran yang efektif untuk mempromosikan wisata budaya Korea Selatan. Kemudian hasil uji t menunjukkan bahwa tayangan K-drama berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung ke destinasi wisata Korea Selatan yang dimediasi oleh variabel citra destinasi. Sedangkan pengaruh citra destinasi sebagai mediator hanya berpengaruh secara parsial atau sebagian (partialmediation). Hal ini dikarenakan tayangan K- drama berpengaruh signifikan secara langsung terhadap minat berkunjung ke destinasi wisata Korea Selatan. Kata Kunci: Tayangan K-drama, Citra Destinasi, Minat Berkunjung, K- Popers The purpose of this research is determine the effect of K-drama shows on visit intention in South Korean tourist destinations with destination image as a mediating variable. This study uses descriptive research and quantitative approach. Data analysis in this study uses the structural analysis method (SEM) that uses the Rē test to determine the magnitude of the effect and the t-test to test the hypothesis. The technique of collecting data is using questionnaire. The sample consist of 99 members of the K-popers comunity which was obtained through the proportionate stratified random sampling technique. The Rē test result display the magnitude of K-drama effect shows on visit intention is 44,5%, which means that K-drama shows are an affective marketing to promote South Korean cultural tourism. Then the results of the t-test display that K-drama shows a significant effect on visit intention in South Korean tourist destinations mediated by destination image variable. While the effect of destination image as a mediator only partially or partially effect (partial mediation). Because the K-drama shows has a significant direct effect on consumer?s visit intention South Korean tourist destinations. Keywords: Korean Drama Shows, Destination Image, Visit Intention, K-Popers PB - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik TI - PENGARUH TAYANGAN K-DRAMA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KONSUMEN KE DESTINASI WISATA KOREA SELATAN YANG DIMEDIASI OLEH VARIABEL CITRA DESTINASI (Studi Pada Komunitas K-Popers Di Bandar Lampung) AV - restricted ER -