title: PERBANDINGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP creator: Kadek Budiasa, 0913022070 subject: description: ABSTRAK Berdasarkan penelitian yang dilakukan masih banyak guru yang menggunakan pembelajaran konvensional sebagai alternatif yang sering digunakan di kelas sehingga siswa sulit dalam menerima, merespon, serta mengembangkan materi yang diberikan oleh guru, sehingga motivasi belajar siswa tidak berkembang. Penelitian ini membandingkan metode inkuiri terbimbing dan inkuiri bebas termodifikasi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Perbedaan rata-rata motivasi belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi, (2) Perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi. Penelitian ini telah dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2012/2013 di SMP Negeri 1 Candipuro. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII pada semester genap sedangkan sampel yang diambil yaitu kelas VIIId sebagai kelas yang menggunakan metode inkuiri terbimbing dan kelas VIIIe sebagai kelas yang menggunakan metode inkuiri bebas termodifikasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kadek Budiasa Desain Eksperimen pada penelitian ini menggunakan bentuk True-Experimental Design dengan tipe Posttest-Only Control Design. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan adalah: (1) Ada perbedaan rata-rata-rata motivasi belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi, (2) Ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara penggunaan metode inkuiri terbimbing dengan metode inkuiri bebas termodifikasi. Rata-rata nilai hasil belajar pada kelas inkuiri terbimbing yaitu 70,87 sedangkan pada kelas inkuiri bebas termodifikasi yaitu 66,21 dan rata-rata nilai motivasi belajar pada kelas inkuiri terbimbing yaitu 69,57 sedangkan pada kelas inkuiri bebas termodifikasi yaitu 65,90. Jadi dapat disimpulkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas metode inkuiri terbimbing lebih tinggi dibandingkan dengan kelas metode inkuiri bebas termodifikasi. Kata kunci: Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas Termodifikasi, Hasil Belajar Siswa, Motivasi Belajar Siswa. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2013-04-10 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/2/2.%20Cover%20dalam.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/3/4.%20Menyetujui.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/4/5.%20Mengesahkan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/5/3.%20Surat%20Pernyataan...pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/6/6.%20Riwayat%20hidup.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/7/8.%20Motto.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/8/7.%20persembahan.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/9/sanwacana.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/11/8.%20DAFTAR%20TABEL%20.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/13/bab%201.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/14/bab%202.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/15/bab%203.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/16/bab%204.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/17/bab%205.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/5578/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Kadek Budiasa, 0913022070 (2013) PERBANDINGAN METODE INKUIRI TERBIMBING DAN INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/5578/