<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG"^^ . "Kelompok sepermainan terdiri dari interaksi antaranak dengan usia dan status\r\nsosial hampir sama. Dalam kelompok sepermainan akan terjadi proses saling\r\nmemengaruhi antaranak. Proses komunikasi dalam kelompok dapat memberikan\r\npengaruh terhadap perubahan sikap, perilaku, kebiasaan dan minat. Penelitian ini\r\ndilakukan untuk mengetahui apakah komunikasi dalam kelompok sepermainan\r\nmemengaruhi motivasi belajar anak dan seberapa besar pengaruhnya. Tipe\r\npenelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan\r\nmetodenya korelasional. Penelitian ini menggunakan sampel populasi anak di\r\nrumah baca Komunitas Jendela Lampung usia 10-15 tahun berjumlah 30\r\nresponden. Data penelitian didapatkan dari jawaban responden melalui\r\npenyebaran kuesioner. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan regresi\r\nlinier sederhana, uji F dan uji koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian ini\r\nmenunjukkan bahwa komunikasi dalam kelompok sepermainan memberikan\r\npengaruh terhadap motivasi belajar anak, terbukti dari nilai signifikansi 0,001 <\r\n0,05. Berdasarkan R² sebesar 0,821 menunjukkan bahwa komunikasi dalam\r\nkelompok sepermainan memengaruhi motivasi belajar anak sebesar 67,4%.\r\nKekuatan hubungan kedua variabel memiliki tingkat hubungan yang sangat tinggi,\r\nsehingga arah pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) adalah\r\npositif. Penelitian ini menemukan bahwa proses belajar anak dimulai dari tahap\r\nafektif (perasaan suka) melalui motivasi intrinsik dan ekstrinsik sebesar 2,43%\r\ndan 3,68%. Perasaan suka dapat membuat anak memiliki konatif (kemauan)\r\nintrinsik dan ekstrinsik sebesar 2,72% dan 1,46%, tetapi ini masih dalam tahap\r\nkemauan dan ada kemungkinan anak tidak melakukan tindakan. Anak yang\r\nmemiliki perasaan suka dan kemauan akan membuatnya memiliki rasa ingin tahu,\r\nsehingga bertambahnya kognitif (pengetahuan) intrinsik dan ekstrinsik sebesar\r\n1,46% dan 0,42%.\r\nKata kunci: Komunikasi Kelompok, Motivasi, Teori Belajar Sosial\r\n\r\nThe playgroup consists of interactions between children with almost same age\r\nand social status. In the playgroup there will be a process of interplay between\r\nchildren. The process of communication in groups may have an influence on\r\nchanging attitudes, behaviors, habits and interests. This research was conducted\r\nto find out whether communication in a playgroup affects children's learning\r\nmotivation and how much the influence is. The research type used is quantitative\r\nwith a descriptive approach and correlational methods. This study used a sample\r\nof the population of children in rumah baca Komunitas Jendela Lampung age 10-\r\n15 years with total of 30 respondents. The research has found obtained from\r\nrespondents' answers through questionnaires. Data in this study were analyzed\r\nusing simple linear regression, F test and determination coefficient test (R²). The\r\nresults of this study indicate that communication within the playgroup has an\r\ninfluence on children's learning motivation, as evidenced by the significance value\r\nof 0.001 < 0.05. Based on R² of 0.821 shows that communication within the\r\nplaygroup affects children's learning motivation by 67.4%. The strength of the\r\nrelationship between the two variables has a very high level of relationship, so the\r\ndirection of the influence of the independent variable (X) on the dependent\r\nvariable (Y) is positive. This research found that children's learning process starts\r\nfrom the affective stage (feelings of like) through intrinsic and extrinsic\r\nmotivation of 2.43% and 3.68%. Feelings of like make children have intrinsic and\r\nextrinsic conative (willings) of 2.72% and 1.46%, but this is still in the willings\r\nstage and there is a possibility that the child willings not take action. Children\r\nwho have feelings of like and willingness make them have curiosity, so that the\r\nincrease in cognitive (knowledge) intrinsic and extrinsic by 1.46% and 0.42%.\r\nKeywords: Group Communication, Motivation, Social Learning Theory"^^ . "2019-08-22" . . . . . "Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik"^^ . . . . . . . "1516031049"^^ . "Dinda Kianjung Herlozi "^^ . "1516031049 Dinda Kianjung Herlozi "^^ . . . . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK.pdf"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "ABSTRAK\r\nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN\r\nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA\r\nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #55806 \n\nABSTRAK \nPENGARUH KOMUNIKASI DALAM KELOMPOK SEPERMAINAN \nTERHADAP MOTIVASI BELAJAR ANAK DI RUMAH BACA \nKOMUNITAS JENDELA LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . " "@en . .