%A 1215031002 ABDUL MUNIF HANAFI %T SISTEM LAYANAN CETAK MANDIRI 2.0 DENGAN PEMBAYARAN NON-TUNAI UNTUK PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS LAMPUNG %X Perpustakaan Unila memiliki layanan Digital Repository yang berisi dokumen Koleksi Karya Ilmiah (KKI) dengan akses terbatas dan tidak dapat diakses secara penuh oleh pengguna. Untuk mendapatkan secara penuh dokumen KKI dapat dilakukan dengan melakukan pencetakan yang hanya dapat dilakukan melalui pustakawan dan dikenakan biaya pencetakan. Karena terbatasnya jumlah pustakawan di Perpustakaan Unila untuk melayani cetak dokumen dan pembayaran, terkadang mengakibatkan terhambatnya pelayanan karena terjadi antrean permintaan pemustaka. Dengan adanya sistem atau perangkat seperti Kiosk yang dapat digunakan untuk kebutuhan pencetakan dan pembayaran secara mandiri dapat meminimalkan antrean untuk pustakawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem layanan cetak mandiri pembayaran non-tunai dengan memanfaatkan sistem yang sudah ada pada Perpustakaan Unila. Di dalam sistem ini terdapat empat buah subsistem yang saling terintegrasi yaitu API pembayaran, antarmuka sistem administrasi untuk mengelola sistem pembayaran, API layanan repositori KKI, dan aplikasi perangkat kiosk. Sumber data pustaka didapatkan dari sistem yang telah ada yang merupakan KKI pada EPrints. Pengujian dilakukan pada setiap unit di dalam perangkat lunak dan mengintegrasikannya kemudian menguji aplikasi Kiosk kepada pemustaka. Berdasarkan hasil pengujian, Sistem Layanan Cetak Mandiri 2.0 dapat bekerja dengan baik dan memenuhi fungsi yang dibutuhkan oleh pemustaka dalam pencarian dan pencetakan karya ilmiah dan juga mengurangi tugas pustakawan dalam melayani pencetakan dokumen karya ilmiah. Kata kunci: Kiosk, self-service printing, cashless paymen Library of Unila has a Digital Repository service that contains documents on Scientific Works Collections (KKI) with limited access, only accessable by librarians. KKI full documents only provided as printed hard copy by request through librarians and is subject to printing costs. Because of the limited number of librarians in the Library of Unila to print documents, sometimes the service is hampered due to many user requests. Self-service systems or devices, such as Kiosk, can be used for printing and payment. It helps reduce librarians duties. The aim of this study was to develop a non-cash payment self-service printing system using the existing system in the Library of Unila. There are four integrated subsystems: payment API, administrative system interface for managing payment systems, KKI repository service APIs, and kiosk device applications. Required library data is obtained from the existing system (KKI on EPrints). Unit testing and integration testing is carried out for the Self-Service Printing System 2.0 using Kiosk as the device. Based on the results, this system can work well and fulfill the functions needed by patrons in searching and printing scientific works and also reduce librarian?s duties. Keywords: Kiosk, self-service printing, cashless payment %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS TEKNIK %L eprints55842