%A 11126061112 WIDYA ELVANDARI %T PERANAN KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MENANAMKAN KEMAMPUAN BERBAHASA SUNDA PADA ANAK ( Studi Kasus pada Keluarga Etnis Sunda yang Berdomisili di Lingkungan Etnis Jawa pada Kelurahan Hadimulyo Barat Kecamatan Metro Pusat) %X Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis tentang pentingnya menanamkan bahasa daerah pada anak, khususnya pada penelitian ini bahasa Sunda. Karena keluarga merupakan lingkungan terkecil dan terdekat bagi individu, melalui keluarga seseorang mulai belajar, bersosialisasi, membentuk karakter, dan mengembangkan nilai-nilai yang telah ditanamkan padanya. Penanaman bahasa Sunda sendiri sebagai pewarisan budaya pada anak-anak sejak dini. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui peran komunikasi keluarga dalam menanamkan kemampuan berbahasa daerah Sunda pada anak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualititaf, dengan menggunakan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu lima (5) keluarga etnis Sunda beserta anak mereka yang masih berusia 14-16 tahun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Proses pewarisan bahasa Sunda dengan membiasakan anak menggunakan bahasa Sunda dalam sehari-hari (2) kelima keluarga merupakan tipe keluarga pluralistis (3) proses penanaman bahasa Sunda pada anak merupakan bentuk perwujudan pelestarian budaya etnis Sunda Kata kunci : Peran Komunikasi Keluarga, Penanaman bahasa Sunda, Tipe Keluarga This Research is the background by the research?s interest of the importance of imparting to the local language for children, especially in this study Sundanese. Because the family is the smallest environment and closest to the individual, through the family someone starts learning, socialize, shape character, and develop values that have been instilled in him. Planting Sundanese language itself as a cultural inheritance in children from an early age. purpose of this study To know the role of communication family in infuse the ability speaking sundanese to children. In this study, the researcher used a qualitative type research with a descriptive approach, using data collection techniques carried out by in-dept interview, observation and documentation. Informant in this research amounted to five (5) sundanese ethnic families and Their children who are 14-16 years old. The results of this research shows that (1) The process of the inheritance of acquired sundanese With accustom children using sundanese language daily (2) The fifth families are a type family pluralistis (3) The process of planting Sundanese language to children is a form of a cultural preservation Sundanese ethnic. Keywords: The role of communication family, planting sundanese language, a type family %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK %L eprints55889