%0 Generic %A Dina Oktaviana, 1416011030 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %F eprints:55944 %I FAKULTAS FISIP PRODI SOSIOLOGI %T HUBUNGAN ANTARA ACADEMIC-EFFICACY DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Program S1 Angkatan 2016 Universitas Lampung) %U http://digilib.unila.ac.id/55944/ %X Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara efikasi akademik dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan model eksplanatori. Peneliti mengambil sampel sebanyak 106 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis bivariate pearson untuk menguji koefisien antara variabel bebas dengan variabel terikatnya. Berdasarkan hasil uji hipotesis yang pertama, didapatkan hasil bahwa ada hubungan yang signifikan dan positif antara akademik efikasi dengan prestasi belajar mahasiswa, dengan nilai uji korelasi Pearson sebesar 0,677 (korelasi kuat) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai batas signifikansi uji hipotesis yang telah ditetapkan yakni 0,05 (5%). Artinya setiap peningkatan akademik efikasi, variabel prestasi belajar mahasiswa akan mengalami peningkatan angka sebesar 0,677 kali. Sedangkan hasil uji hipotesis kedua, didapatkan hasil bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara perhatian orangtua dengan prestasi belajar mahasiswa, dengan uji korelasi Pearson sebesar 0,158 (tidak ada korelasi) dan nilai signifikansi sebesar 0,106 lebih besar dari nilai batas signifikansi uji hipotesis yang telah ditetapkan yakni 0,05 (5%). Hal ini diduga karena seiring bertambahnya usia dan tingkat pendidikan seseorang, banyak yang menganggap bahwa dukungan orang tua tak lagi dibutuhkan. Begitu juga dengan mahasiswa yang dianggap sebagai individu yang telah dewasa, dukungan orang tua kepada mahasiswa dianggap tidak penting lagi. Kata kunci : efikasi akademik, perhatian orang tua, prestasi belajar, mahasiswa. The purpose of this research is to find out and analyze the relationship between academic efficacy and parental attention with student learning achievement. This research was conducted using a quantitative approach with explanatory models. The researcher took a sample of 106 respondents. The data analysis technique used in this research is the bivariate Pearson analysis test to test the coefficients between the independent variables and the dependent variable. It was found that there was a significant and positive relationship between academic efficacy and student learning achievement, with the Pearson correlation test value is 0.677 (strong correlation) and the significance value is 0.000 smaller than the the significance value of the hypothesis test set at 0.05 (5%). This means that every increase in academic efficacy, student learning outcomes will increase 0.677 times. Meanwhile the results of the second hypothesis test, there is no significant relationship between parental attention with student learning achievement, the Pearson correlation test value is 0.158 (no correlation) and the significance value is 0.106 greater than the value of the the significance of the predetermined hypothesis test set at 0.05 (5%). This is presumably because of the increasing levels of age and education, many people consider that parental attention is no longer needed. Likewise with students who are considered mature individuals, parental support for students is not important anymore. Keywords: academic efficacy, parental attention, learning achievement, students.