%A 151601094 DWI RIZKI FADILAH J %T PENGARUH IBU BERPERAN GANDA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK SISWA SD KELAS 3-6 (Studi Pada Ibu Rumah Tangga Berperan Ganda Di Perumahan Dwi Karya, Kecamatan Way Pengubuan,Kabupaten Lampung Tengah) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ibu berperan ganda terhadap prestasi akademik siswa SD kelas 3-6. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dengan kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan hubungan kedua variabel penelitian yaitu ibu berperan ganda dengan prestasi siswa SD berada pada kategori kuat. Melalui tabel yang telah dicantumkan juga diperoleh nilai R Square atau Koefisien Determinasi (KD) yang menunjukkan seberapa bagus model regresi yang dibentuk oleh interaksi variabel bebas dan variabel terikat. Nilai KD yang diperoleh adalah 61,8%. Sehingga dapat ditafsirkan bahwa variabel bebas Xmemiliki pengaruh kontribusi sebesar 61,8% terhadap variabel Y. Ini berarti bahwa ibu berperan ganda memiliki kontribusi yang kuat dalam meningkatkan prestasi anak dengan memberikan tambahan fasilitas belajar dirumah atau dengan memberikan anak bimbingan belajar diluar jam sekolah serta beberapa fasilitas buku tambahan untuk belajar yang belum didapatkan disekolahnya. Kata kunci : Ibu Peran Ganda, Prestasi Akademik This study aims to determine the effect of mothers dual role on the academic achievement of elementary students in grades 3-6. This research uses a quantitative. Data collection by interview, observation. The results of the study and discussion showed the relationship between the two research variables, namely the mother had a dual role with the achievement of elementary school students in the strong category. Through the table that has been included, it is also obtained the value of R Square or the Coefficient of Determination (KD) which shows how good the regression model is formed by the interaction of independent variables and dependent variables. The KD value obtained is 61.8%. So that it can be interpreted that the independent variable X has a contribution contribution of 61.8% to variable Y. This means that mothers play multiple roles have a strong contribution in improving children's achievement by providing additional learning facilities at home or by giving children tutoring outside school hours and some additional book facilities for learning that have not been obtained at school. Keywords: Dual Role Mothers, Academic Achievement. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2019 %I FAKULTAS FISIP PRODI SOSIOLOGI %L eprints55954