TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints5603 UR - http://digilib.unila.ac.id/5603/ A1 - Bagus Rusdianto, 0913031031 Y1 - 2013/03/15/ N2 - ABSTRAK SMP Negeri 24 Bandar Lampung merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang diharapkan dapat membantu menyukseskan program pemerintah dalam bidang pendidikan. Kualitas sumber daya manusia dapat dilihat dari pencapaian hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 24 Bandar Lampung diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu masih tergolong rendah, yaitu dari 232 siswa terlihat hanya 41 siswa atau 17,67% siswa yang mendapat nilai 65 - 100, dan berarti 82,33% atau sebanyak 191 siswa memperoleh nilai 0 - 65. Dengan kata lain, hanya 17,67% bahan pelajaran IPS Terpadu yang dikuasai oleh siswa atau masih dalam kriteria rendah. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar terbagi atas dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Diantaranya banyak faktor yang dapat mempengaruhi atau berperan dalam pencapaian hasil belajar siswa, diduga faktor-faktor Intelligence Quotient (IQ) siswa, kepemilikan literatur IPS Terpadu siswa, dan budaya membaca siswa memiliki peranan penting terhadap tinggi rendahnya hasil belajar IPS Terpadu siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Intelligence Quotient (IQ) siswa, kepemilikan literatur IPS Terpadu siswa, dan budaya membaca siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 232 siswa dengan sampel 147 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan computer melalui program SPSS versi 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linear sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan regresi linear multiple. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh Intelligence Quotient (IQ) terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 24 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. 2. Ada pengaruh kepemilikan literatur IPS Terpadu siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 24 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. 3. Ada pengaruh budaya membaca siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 24 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. 4. Ada pengaruh intelligence quotient (IQ), kepemilikan literatur IPS Terpadu siswa, dan budaya membaca siswa terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester ganjil SMP Negeri 24 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. Kata Kunci: Intelligence Quotient, Kepemilikan Literatur IPS Terpadu Siswa, Budaya Membaca Siswa, dan Hasil Belajar IPS Terpadu PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH INTELLIGENCE QUOTIENT (IQ), KEPEMILIKAN LITERATUR IPS TERPADU SISWA DAN BUDAYA MEMBACA SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 24 BANDAR LAMPUNG SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013 AV - restricted ER -