creators_name: Dian Aditya, 0913022086 type: other datestamp: 2014-12-05 07:27:05 lastmod: 2014-12-05 07:27:05 metadata_visibility: show title: PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN GAYA BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN INQUIRY ROLE APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Setiap peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis yang berbeda- beda, ada yang lebih cepat mengkritisi materi pelajaran dan ada yang kesulitan. Demikian halnya dengan gaya belajar, setiap peserta didik juga memiliki gaya belajar yang berbeda- beda. Kemampuan berpikir kritis dan gaya belajar yang berbeda mengakibatkan sebagian dari peserta didik merasa dirinya tidak mampu memecahkan masalah pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1)Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar melalui pembelajaran inquiry role approach (2)Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar melalui pembelajaran inquiry role approach. Hasil belajar siswa pada penelitian ini yaitu aspek kognitif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Pesisir Selatan Lampung Barat, menggunakan satu kelas eksperimen (kelas XI IPA 2) dengan jumlah sampel 37 siswa. Proses pembelajaran menggunakan pembelajaran inquiry role approach. Demikian halnya hasil belajar diperoleh dari hasil tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 17.0, yaitu uji linearitas, uji Dian Aditya regresi sederhana dan uji one way anova. Dari hasil uji yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1)Ada pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan pembelajaran inquiry role approach. (2)Ada pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar melalui pembelajaran inquiry role approach. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, gaya belajar, inquiry role approach dan hasil belajar date: 2013-01-13 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung citation: Dian Aditya, 0913022086 (2013) PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN GAYA BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN INQUIRY ROLE APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/2/COVER%20Dalam.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/5/SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/7/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/10/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/11/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/12/DAFTAR%20GAMBAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/13/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/14/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/15/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/16/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/17/BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5608/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf