creators_name: Didi Sudarmansyah, 0913031036 type: other datestamp: 2014-12-05 07:27:36 lastmod: 2014-12-05 07:27:36 metadata_visibility: show title: STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW (DENGAN MEMPERTIMBANGKAN BENTUK SOAL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. ispublished: pub subjects: General full_text_status: restricted abstract: ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kurangnya aktivitas siswa di dalam pembelajaran IPS pada kelas VIII SMP N 1 Batang Hari Lampung Timur. Berdasarkan hasil observasi, hal tersebut dikarenakan kurangnya partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran. Dalam aktivitas belajar, siswa masih menjadi pihak yang pasif yang hanya menerima informasi dari guru tanpa punya inisiatif untuk menambah wawasan materi pada sumber belajar lain, mengungkapkan pendapat dan mengajukan pertanyaan kepada guru tentang hal yang belum dipahami, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan upaya dengan menerapkan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Model kooperatif tipe Jigsaw dengan memperhatikan bentuk soal (pilihan ganda dan esai) sebagai variable moderatornya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan komparatif yang dilakukan terhadap dua kelas sampel yang dipilih dengan metode clutster random sampling dengan diberikan perlakuan berbeda. Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes belajar menggunakan bentuk soal pilihan ganda dan esai kepada dua kelas sampel. Setelah hasil belajar diperoleh, data dianalisis untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji T-test Independent dan uji Analisis Varian Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukan; (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS antara siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran tipe NHT dan siswa yang pembelajaranya menggunakan model pembelajaran tipe Jigsaw. Hal tersebut dibuktikan dari Pengujian hipotesis pertama dengan menggunakan rumus Analisis Varian Dua Jalan, didapat Fhitung 5,158 dan Ftabel 3,923 berdasarkan kriteria pengujian dapat ditarik kesimpulan, karena Fhitung>Ftabel maka Ho ditolak; (2) ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPS antara siswa yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda dan siswa yang dites menggunakan bentuk soal esai yang dibuktikan dengan pengujian hipotesis ke-2 menggunakan Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 11,298 > Ftabel 3,923 berarti Ho ditolak; (3) tidak terdapat interaksi antar model pembelajaran dengan bentuk soal. Hal tersebut sesuai dengan pengujian hipotesis ke-3 menggunakan Analisis Varian Dua Jalan diperoleh Fhitung 0,668 < Ftabel 3,923 berarti Ho diterima; (4) rata-rata hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw jika hasil belajarnya diukur menggunakan tes pilihan ganda yang terbukti dari pengujian hipotesis ke-4 menggunakan rumus T-test Dua Sampel Independent diperoleh Thitung 2,025 > Ttabel 2,002 maka Ho ditolak; (5) rata-rata hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw jika hasil belajarnya diukur menggunakan tes esai. Hal tersebut sesuai dengan pengujian hipotesis ke-5 menggunakan rumus T-test Dua Sampel Independent diperoleh Thitung 1,123 < Ttabel 2,002 maka Ho diterima; (6) rata-rata hasil belajar IPS yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS yang dites menggunakan bentuk soal esai pada pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hal tersebut dibuktikan dengan pengujian hipotesis ke-6 menggunakan rumus T-test Dua Sampel Independent diperoleh Thitung 3,024 > Ttabel 2,002 maka Ho ditolak; (7) rata-rata hasil belajar IPS yang dites menggunakan bentuk soal pilihan ganda lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar IPS yang dites menggunakan bentuk soal esai pada pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw yang dibuktikan melalui pengujian hipotesis ke-7 menggunakan rumus T-test Dua Sampel Independent diperoleh Thitung 1,759 < Ttabel 2,002 maka Ho diterima. Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran kooperatif, NHT, Jigsaw, bentuk soal tes. date: 2013-02-18 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Didi Sudarmansyah, 0913031036 (2013) STUDI KOMPARATIF PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW (DENGAN MEMPERTIMBANGKAN BENTUK SOAL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/1/01%2C%20ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/2/MENGESAHKAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/3/MENYETUJUI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/4/SURAT%20PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/5/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/6/MOTTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/7/COVER%20SKRIPSI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/8/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/9/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/10/02%2C%20DAFTAR%20ISI%2CTAB%2CGRAF%2CGMBR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/11/03%2C%20BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/12/04%2C%20BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/13/05%2C%20BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/14/06%2C%20BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/15/07%2C%20BAB%20V.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/5613/16/08%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf