%0 Generic %A UMI SALAMAH, 0713052023 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2014 %F eprints:5619 %I FAKULTAS KIP %T PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 LIWA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/5619/ %X ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah Motivasi Berprestasi siswa rendah. Permasalahan penelitian ini “Apakah Motivasi Berprestasi Siswa Dapat Meningkat dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Liwa Lampung Barat Tahun Pelajaran 2012/2013 ?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan motivasi berprestasi melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Liwa Lampung Barat Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian sebanyak delapan siswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi, dan didukung dengan observasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi siswa dapat meningkat dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil analisis data motivasi berprestasi saat pre test dan post test diperoleh skor Zhitung = -2,521 dan Ztabel = 4, Zhitung < Ztabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada peningkatan motivasi berprestasi sebelum dan setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Liwa Lampung Barat tahun pelajaran 2012/2013. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan motivasi berprestasi antara sebelum diberi layanan bimbingan kelompok dengan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Liwa Lampung Barat tahun pelajaran 2012/2013. Artinya motivasi berprestasi dapat meningkat melalui layanan bimbingan kelompok. Saran yang dapat diberikan (1), Kepada Siswa hendaknya mengikuti layanan bimbingan kelompok jika mengalami kesulitan dalam meningkatkan motivasi berprestasi di dalam dirinya, agar siswa dapat mendapatkan prestasi yang lebih baik lagi. (2) Kepada guru bimbingan konseling hendaknya menjalin komunikasi dengan baik kepada seluruh warga sekolah, sehingga permasalahan-permasalan yang ada pada siswa dapat terselesaikan dengan baik. (3) Kepada para peneliti hendaknya dapat melakukan penelitian dengan menggunakan layanan, pendekatan, dan teknik yang sama tetapi dengan masalah yang berbeda, dan subyek yang sama. Kata kunci : Motivasi Berprestasi, Layanan Bimbingan Kelompok